DPK Tetap Berikan Pelayanan Internet

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 26 Juni 2018 - 15:15:46 WIB   |  dibaca: 408 kali
DPK Tetap Berikan Pelayanan Internet

TUTUP : Salah seorang pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten memberikan pelayanan meskipun sedang dilakukan stok opname, kemarin.

SERANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, sedang melaksanakan stock opname hingga 4 Juli mendatang. Selama stock opname, DPK hanaya melayani pengemabalian buku pustakan dan memberikan layanan internet.


Ali Hasan, Kepala Seksi Otomasi dan Layanan Multimedia DPK Provinsi Banten menjelaskan, meski jadwal oprasi layanan perpustakaan ditutup sampai tanggal 4 Juli. Namun, untuk pengembalian buku dan layanan internet sudah berjalan sejak 21 Juni.


Sementara itu, ditempat yang sama, Andri Nugraha, Pustakawan DPK Provinsi Banten mengatakan, pihak DPK sedang melangsungkan stock opname. Sehingga masih belum bisa menerima kunjungan perpustakaan seperti biasanya.


“Stock opnamen adalah, penataan bahan pustaka dengan menata koleksi buku yang berada di rak-rak buku. Kemudian, dicocokan dengan data yang sesuai dengan barcode,” katanya.
Lanjutnya, barcode yang sudah tertera disetiap buku itu dicek kembali sesuai dengan judul buku. “Jadi satu buku, satu barcode. Jika, didalam data yang ada di setiap judul buku ada 3 eksemplar buku, barcodenya juga ada 3,” tuturnya.


Ketika sudah pengecekan melalui barcode, sambungnya, disesuaikan kembali dengan data dan buku yang berada di rak-rak buku. “Nanti akan ketahuan, ada buku yang rusak, hilang atau masih ada buku yang dipinjam.

Misalnya, didata ada tiga eksemplar buku, tetapi di dalam rak cuma ada dua eksemplar buku. Berarti, satu bukunya bisa kemungkinan masih dipinjam, rusak atau hilang, tinggal disesuaikan kecocokan dengan data otomasi perpustakaan yang ada,” pungkasnya. (mg-basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook