Diguyur Hujan, Saluran Irigasi Cipaniis Ambrol

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 27 Juni 2018 - 13:24:47 WIB   |  dibaca: 550 kali
Diguyur Hujan, Saluran Irigasi Cipaniis Ambrol

PERBAIKAN DARURAT : Warga Cipaniis, Kecamatan Cipanas sedang melakukan perbaikan darurat terhadap fisik saluran irigasi yang ambrol, Selasa (26/6).

RANGKASBITUNG - Saluran irigasi di Blok Jami Demang, Kampung Cipaniis, Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas ambrol akibat diguyur hujan deras, Selasa (26/6). Akibat kondisi tersebut, pengairan menuju persawahan seluas 100 hektar di desa tersebut menjadi tergganggu. Untuk menormalkan saluran air, warga setempat melakukan perbaikan darurat.

Namun, karena tanah disekitar saluran irigasi masih labil dan perbaikan darurat yang dilakukan warga tidak akan tahan lama, para petani pemilik sawah di Desa Cipanas meminta agat Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak bisa memperbaikinya secara permanen.


Suhadi, Petani di Desa Cipanas mengatakan, perbaikan yang dilakukan warga hanya bersifat darurat. Maka dari itu, agar tidak kembali rusak dibagian fisik salurannya, maka pihaknya mengajukan usulan perbaikan kepada Dinas PUPR Kabupaten Lebak. "Tanah disekitar saluran irigasi yang ambrol sangat labil. Maka dari itu, bila tidak diperbaiki secara permanen, maka kami khawatir fisik disaluran irigasi tersebut ambrol lagi," kata Suhadi kepada Banten Raya, kemarin.


Suherman, warga Kampung Cipaniis menambahkan, saat ini hujan deras masih sering terjadi, sehingga jika tidak dilakukan perbaikan yang permanen bisa bertambah rusak."Semoga segera mendapatkan penanganan yang cepat dari pihak PUPR," harap Suherman.


Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Dade Yan Apriandi mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait irigasi ambrol di Cipaniis. "Mudah-muduhan usulan dana untuk perbaikannya direalisasikan di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Perubahan tahun 2018 ini," kata Dade. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook