Banjir, Jalan Serang-Pandeglang Lumpuh

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 27 Juni 2018 - 15:22:41 WIB   |  dibaca: 540 kali
Banjir, Jalan Serang-Pandeglang Lumpuh

LUMPUH : Kendaraan antre saat melintasi Jalan Raya Serang-Pandeglang yang tergenang air, Selasa (26/6).

SERANG - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Serang dan sekitarnya melumpuhkan Jalan Raya Serang-Pandeglang, di Kecamatan Baros, Selasa (26/6). Hujan deras yang terjadi pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB itu menyebabkan genangan air dan menimbulkan kemacetan beberapa kilometer.


Informasi yang berhasil dihimpun, selain menggenangi Jalan Raya Serang-Pandeglang, banjir juga menggenangi 28 rumah di Kampung Siliwung, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros. Adapun penyebab terjadinya banjir itu karena luapan air yang berasal dari Sungai Cipareang yang sudah mengalami pendangkalan.


Camat Baros Jazuli Mukri mengatakan, Kecamatan Baros menjadi langganan banjir setiap kali turun hujan besar. Menurutnya,  banjir tersebut merupakan kiriman air dari Gunung Karang, Kabupaten Pandeglang. “Itu air lewat, setiap hujan deras memang selalu banjir, karena Sungai Cipareangnya tidak bisa menampung air lagi,” katanya.


Jazuli mengaku, sudah mengajukan pengerukan Sungai Cipareang bersama pemerintah desa ke Pemkab Serang. Namun menurutnya, pengerukan Sungai Cipareang tidak menjamin banjir Baros akan teratasi. “Soalnya itu kiriman air dari gunung, harus dilakukan perbaikan dari atas dulu, baru banjir bisa diatasi, kalau dibiarkan akan tetap banjir,” ujarnya.


Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan anggotanya untuk melakukan assessment di lokasi kejadian. “Benar banjir menggenangi jalan Raya Serang-Pandeglang, Kecamatan Baros setinggi 60 centimeter, penyebabnya hujan lebat,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook