KPU Belum Bisa Sampaikan Syarat Pencalonan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 28 Juni 2018 - 15:07:54 WIB   |  dibaca: 236 kali
 KPU Belum Bisa Sampaikan Syarat Pencalonan

BERBINCANG : Sejumlah Komisioner KPU Kota Cilegon berbincang dengan Direktur RSUD Kota Cilegon tentang surat keterangan sehat sebagai syarat pencalonan, kemarin.

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon sampai sekarang masih menunggu pengesahan dan edaran Peraturan KPU (PKPU) tentang pencalonan calon anggota legislatif (Caleg) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Atas dasar itu, KPU Kota Cilegon tidak bisa mensosialisasikan  berbagai aturan terutama persyaratan dan mekanisme pendaftaran caleg. Padahal secara waktu tahapan pendaftaran harus dimulai pada Rabu (4/7) pekan mendadatang.

 

Komisioner KPU Kota Cilegon, Eli Jumaeli mengatakan, sekarang KPU kabupaten/kota sudah sangat memerlukan PKPU sebagai Legal Standing tentang pencalonan, secara waktu juga tahapan pencalonan kan dimulai pekan depan.

"Kalau tahapannya pengajuan daftar atau pendaftaran caleg dibuka pada 4 sampai 17 Juli. Artinya kami sudah sangat membutuhkan PKPU. Sebab, dalam PKPU terdapat petunjuk teknis pencalonan yang akan mepeperjelas berbagai aturan pencalonan," kata Eli kepada Banten Raya, Rabu (27/6).

Eli menambahkan, karena belum adanya PKPU tentang pencalonan maka KPU Kota Cilegon belum bisa melakukan sosialisasi kepada peserta pemilu atau Partai Politik (Parpol)."Norma barunya apa kami belum mengetahui secara pasti. Untuk itu, persoalan pencalonan belum bisa kami sampaikan. Kami harap dalam waktu secepatnya sudah bisa diputuskan. Sebab, KPU juga harus berpacu dengan waktu tahapan lainnya," tambahnya.

Eli menjelaskan, sambil menunggu keputusan PKPU, KPU Kota Cilegon tengah sibuk melakukan koordinasi dengan instansi vertikal lainnya yang masih berhubungan dengan pencalonan yitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon dan Dinas Pendidikan (Dindik) terkait persyaratan bakal calon legislatif (Bacaleg). Koordinasi tersebut adalah persoalan dimudahkannya akses pelayanan tea kesehatan dan legalisir ijazah para Bacaleg."Sambil menunggu PKPU kelar, Kami mencoba berkoordinasi agar ada fasilitas khusus untuk para bacaleg. Khususnya masalh kesehatan dan legalisir ijazah ," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Irvan Alfi menyatakan, KPU sekarang tengah melakukan koordinasi, sementara untuk pencalonan masih menunggu PKPU yang ditetapkan oleh pemerintah. "Kami tunggu hasilnya dan berharap secepatnya bisa dikelarkan, sehingga tahapan pencalonan bisa dimulai sesuai aturan. Sekarang ini hanya koordinasi dengan lembaga yang akan berhubungan dengan persyaratan calon saja yang dilakukan. Hal ini untuk lebih mudah," ucapnya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook