Jembatan JLS Langganan Banjir

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 28 Juni 2018 - 15:11:26 WIB   |  dibaca: 186 kali
Jembatan JLS Langganan Banjir

LANGGANAN BANJIR : Jembatan Cikondang yang berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon tergenang banjir, Rabu (27/6). Jembatan ini diketahui kerap menjadi langganan banjir, sehingga bisa membahayakan pengendara.

CILEGON - Jembatan Cikondang yang ada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon kilometer 3,5 ternyata langganan banjir. Padahal, tahun 2017 lalu jembatan tersebut baru diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon.

Pantauan Banten Raya, Rabu (27/6), Jembatan Cikondang yang masuk wilayah Kecamatan Cibeber tersebut, saat ini kondisinya tergenang air. Meski kedalaman air hanya sekitar 10 centimeter, namun membuat sejumlah kendaraan terpaksa mengurangi kecepatan. Selain itu, permukaan jalan juga berlubang. Sementara, lalu lintas di sekitar jembatan tersebut cukup ramai dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan besar seperti truk.


Kerusakan jalan di JLS tersebut, menuai perhatian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).Anggota Fraksi PPP pada DPRD Kota Cilegon Badar Gumelar mengeluhkan kondisi jalan di JLS yang tergenang air tersebut.

Meski hujan sudah reda, air di sekitar Jembatan Cikondang tersebut tak kunjung surut. "Padahal, jembatan ini baru diperbaiki tahun lalu (2017-red), masa drainasenya sampai seperti itu. Air tidak pernah surut," kata Badar kepada Banten Raya, kemarin.

Menurut Badar, seharusnya drainase di Jembatan Cikondang untuk diperbesar. Pasalnya, setiap turun hujan genangan di JLS tersebut lama surut. Tentu saja membuat lalu lintas di JLS tersebut tersendat. Padahal, JLS sangat ramai dilalui kendaraan. "Ini juga bisa merusak konstruksi jalan dan mengakibatkan kecelakaan," tuturnya.


Badar menambahkan, pihaknya telah beberapa kali menyampaikan masalah tersebut ke DPUTR Kota Cilegon, namun drainase di Jembatan Cikondang tersebut tidak kunjung diperbaiki. Selain di Jembatan Cikondang, di beberapa jembatan yang ada di JLS Kota Cilegon juga ada yang mengalami kerusakan.

Padahal, perbaikan jembatan dilakukan belum lama. "Beberapa jembatan juga jalannya berlubang, padahal baru diperbaiki sekitar setahun atau dua tahun lalu," tambah Anggota DPRD Kota Cilegon dari Daerah Pemilihan (Dapil) Citangkil dan Ciwandan ini.

Salah seorang pengguna jalan, Zaenal (17) juga mengeluhkan hal yang sama. Kerusakan jembatan jalan di JLS tersebut membuat tidak nyaman dalam berkendara. Selain itu, kondisi jembatan yang tergenang air dan berlubang berpotensi bisa menimbulkan kecelakaan. "Saya ketika lewat disampingnya juga ada kendaraan besar lewat pasti kecipratan air," ucapnya.


Zaenal berharap, perbaikan jembatan segera dilakukan, agar lalu lintas berjalan normal dan tidak menimbulkan kerugian bagi pengguna jalan. "Kami ingin jalan itu segera diperbaiki, yang banjir-banjir itu di jembatan di jalan lingkar selatan," harapnya.Menanggapi hal itu, Sekretaris DPUTR Kota Cilegon Ridwan belum bisa dikonfirmasi. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook