Jadwal Pendaftaran PPDB Daring Diperpanjang

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 28 Juni 2018 - 15:28:29 WIB   |  dibaca: 506 kali
Jadwal Pendaftaran PPDB Daring Diperpanjang

OPERATOR : Sejumlah operator nampak sibuk menjalankan tugasnya memantau passing grade PPBD Online 2018 di lantai 2 Diskominfotiksan, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi banten, kemarin.

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim menginstruksikan panitia pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online, untuk memperpanjang jadwal pendaftaran PPDB Online hingga Tanggal 30 Juni mendatang. Kebijakan tersebut menyusul adanya pengajuan dari panitia PPDB Online untuk memperpanjang jadwal pendaftaran.


Dalam rilis yang disampaikan Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik, pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Pemprov Banten. Gubernur Banten menyetujui ditambah waktunya, jika memang untuk  memberikan pelayanan kepada masyatakat jika masyarakat masih sangat membutuhkannya.


“Pak Gubernur berpesan kepada Panitia agar penambahan waktu ini harus ditunjang dengan peningkatan pelayanan yang baik,  jangan ada kendala aplikasi, jaringan atau hal teknis lainnya. Karena Gubernur selalu menegaskan jika kesempatan untuk mendapatkan sekolah pilihannya adalah hak buat masyarakat tingkat apapun.  Mau yang miskin atau yang kaya punya kesempatan yang sama selama nilai akademisnya baik,” katanya.


Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Panitia PPDB Online, Joko Waluyo. Menurutnya, ada sejumlah alasan yang menjadi dasar diperpanjangnya jadwal pendaftaran PPDB Online, diantaranya adalah masih banyaknya pendaftar yang belum melakukan verifikasi pendaftaran PPDB di sekolah.


Tidak hanya itu, kata Joko, perpanjangan waktu pendaftaran tersebut dikarenakan banyaknya permohonan dari orangtua calon peserta didik untuk menambah waktu pendaftaran atau pindah sekolah.


“Dan kebetulan Tanggal 27 ditetapkan sebagai hari libur nasional berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak, oleh karena itu kami memohon kepada Pak Gubernur Banten untuk memperpanjang jadwal pendaftaran PPDB Online,” kata Joko kepada Banten Raya, Rabu (27/6).


Ia menjelaskan, perpanjangan pendaftaran PPDB Online yang semula Tanggal 21 sampai dengan 27 Juni, diperpanjang dari Tanggal 21 sampai dengan 30 Juni mendatang. Kendati demikian, pengumuman PPDB Online tetap akan dilakukan pada Tanggal 2 Juli mendatang.


Artinya, kata Joko, calon peserta didik baru dan pihak sekolah masih memiliki waktu untuk melakukan pendaftaran secara online hingga Tanggal 30 Juni pukul 12.00 WIB. Proses verifikasi pun masih dilakukan sampai dengan selesai.


“Kami tetap akan memberikan pelayanan PPDB Online hingga Tanggal 30 Juni hingga jam 12 siang. Sedangkan pengumuman PPDB Online sesuai dengan jadwal yaitu Tanggal 2 Juli mendatang,” ungkapnya.


Senada disampaikan Sekretaris PPDB Online Teddy Rukman, untuk memenuhi kuota yang tersedia di sejumlah sekolah yang berada di perbatasan atau jauh dari kantor pemerintahan, pihaknya akan memberikan kesempatan bagi sekolah dan calon orangtua siswa untuk mendaftar secara offline.


“Seperti sekolah negeri di Malingping, Sabang, sepatan dan sejumlah sekolah lainnya yang jauh dari perkotaan, bisa melakukan pendaftaran secara offline, jika kuota belum terpenuhi. Artinya pendaftaran ofline bisa dilakukan setelahnya pengumuman PPDB Online Tanggal 2 Juli mendatang,” katanya.


Adapun jumlah pendaftar, lanjut Teddy, hingga hari ini sudah mencapai 85.022 pendaftar. Dari angka tersebut yang sudah diverifikasi sebanyak 74.268 pendaftar, sedangkan yang belum terverifikasi sebanyak 10.699 pendaftar.


“Jumlah kuota yang tersedia pada jenjang pendidikan SMA dan SMK sebanyak 70 ribu siswa. Angka tersebut sesuai dengan jumlah rombongan belajar yang tersedia, dan asumsi lulusan MTs dan SMP yang melanjutkan pendidikan ke sekolah swasta yang bagus,” imbuhnya. (satibi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook