Pengunjung Lebaran Tembus 223 Ribu

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 28 Juni 2018 - 15:33:48 WIB   |  dibaca: 265 kali
Pengunjung Lebaran Tembus 223 Ribu

MASIH DIMINATI : Ribuan wisatawan memadati pantai Anyer saat libur lebaran kemarin. Anyer masih menjadi primadona wisata di Kabupaten Serang.

SERANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten Serang mengklaim jumlah wisatawan selama lebaran ke Kabupaten Serang meningkat drastis. Kepala Disporapar Kabupaten Serang Tahyudin mengatakan, total jumlah wisatawan selama libur lebaran sampai kemarin mencapai 223 ribu orang.

Jumlah itu kemudian belum ditambah pengunjung hotel yang mencapai 24 ribu lebih."Kalau dibandingkan dengan tahun lalu beda jauh. Kalau tahun lalu itu sekitar 170 ribuan orang," kata Tahyudin kepada Banten Raya usai mengikuti talk show di Serang Gawe FM, kemarin.


Tahyudin mengungkapkan bahwa kunjungan wisata didominasi oleh warga yang datang ke pantai. Ia mengakui bahwa masih banyak masalah yang dihadapi sektor pariwisata di Kabupaten Serang terutama kawasan wisata Anyer-Cinangka.

Salah satu yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat adalah tarif masuk pantai yang cukup mahal. Bus misalnya Rp800 ribu, minibus antara Rp200 ribu sampai Rp400 ribu. Nominal itu, kata Tahyudin sebenarnya akumulasi dari total penumpang bus yang dikalikan dengan orang yang masuk. "Saya bilang ke pengelola, harusnya diperjelas antara tiket masuk dengan tiket parkir," kata Tahyudin.


Sebelum lebaran, pihaknya juga sudah menyebarkan surat edaran kepada pengelola pantai yang ada di Anyer untuk tidak menaikan tarif masuk. Akan tetapi, masih ada saja pengelola pantai yang bandel dan menaikan tarif. "Ya itu lah masih ada satu dua yang bandel," kata Tahyudin.


Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengatakan bahwa permasalahan wisata di Anyer bukan hanya permasalahan Pemkab Serang, tetapi juga harus menjadi perhatian dari Pemprov Banten.

Fahmi menilai bahwa Pemprov Banten selama ini belum memberikan bantuan dan sentuhan signifikan dalam penataan Anyer. Ia mencontohkan bahwa Pemprov Banten bisa mulai menata trotoar yang ada di Kota Serang, memasang bangku untuk pejalan kaki, tepai kenapa hal serupa tidak mulai dilakukan di Anyer yang merupakan salah satu wisata andalan di Banten.


Pengamat dari Untirta Ail Muldi menyarankan Pemkab Serang untuk membuat blue print pariwisata. Potensi wisata di Kabupaten Serang sangat banyak, dan itu bisa diintegrasikan dalam perencanaan pariwisata yang matang. Ia juga menyarankan Pemkab Serang untuk menggunakan aplikasi dalam mengenalkan potensi wisata yang ada. (fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook