Penataan Kawasan Perkotaan Lewat Pembangunan Drainase Lingkungan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 29 Juni 2018 - 10:46:58 WIB   |  dibaca: 219 kali
Penataan Kawasan Perkotaan Lewat Pembangunan Drainase Lingkungan

MENINJAU : Camat Jombang Agus Ariadi (batik orange) tengah meninjau jalan lingkungan bersama pimpinan dan staf kelurahan Gedong Dalem, kemarin.

Pemerintah Kecamatan Jombang terus melakukan penataan kawasan perkotaan dengan melakukan pembenahan dan pembuatan drainase lingkungan. Hal tersebut dilakukan karena selain kawasan Kecamatan Jombang merupakan wilayah padat penduduk. Wilayah kecamatan Jombang juga merupakan daerah dataran rendah, sehinga aliran air dari beberapa kecamatan pasti melintasi kecamatan.

Camat Jombang Agus Ariadi mengatakan, dibutuhkan pembangunan drainase khususnya di wilayah yang padat penduduk, sehingga ketika curah hujan tinggi maka tidak ada lagi jalan lingkungan yang banjir atau dipenuhi genangan air. Untuk itu, Pemerintah Kecamatan sedang merumuskan untuk membangun drainase lingkungan agar aliran air tidak tersendat.

"Keinginan penataan jalan poros kelurahan dimaksimalkan dengan membangung drainase. Diwilayah kita sudah banyak penduduk dan harus harus ada drainase setiap jalan. Drainasenya harus dibuka buka tutup dan posisinya ada ditengah, sehingga tidak menggaggu akses masuk warga kerumah," katanya kepada Banten Raya, Kamis (28/6).

Agus menjelaskan, pihaknya sudah menugaskan Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Jombang Muhidin untuk melakukan rumusan dan membangun koordinasi dengan pihak terkait, sehingga harapannya dalam waktu dekat suadh bisa direalisasikan oleh dinas terkait.

"Ada dana DPWKel (Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan) namun jumlahnya belum memadai. Sebab, hanya beberapa lingkungan dan sekalanya tidak bisa besar. Namun, kami sudah perintahkan Kasie Ekbang untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Semoga bisa direalisasikan," jelasnya.


Agus menambahkan, setiap kali curah hujan tinggi maka wilayah Kecamatan Jombang merupakan wilayah yang mendapatkan kiriman air dari Kecamatan Cibeber, Kecamatan Citangkil, Kecamatan Purwakarta dan Kecamatan Cilegon. Untuk itu, diperlukan pembangunan drainase agar aliran air bisa lancar dan tidak menggenang lagi.

"Kami ini daerah yang rendah dan mendapatkan kiriman air dari bebeapa kecamatan. Setiap kali hujan beberapa titik wilayah kami pasti banjir karena ada kiriman. Namun, jika dibenahi kami yakin hal tini bisa diatasi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekbang Muhidin menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk bisa memberikan solusi dengan melakukan pembangunan drainase dibebeapa titik. Sampai sekarang, koordinasi berjaan dengan baik dan beberapa sudah dilakukan respon.

"DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cilegon) sudah merespon dengan melakukan pengukuran. Semoga saja bisa direalisasikan dengan cepat. Sementara untuk beberapa titik seperti di Lingkungan Kependilan dimana SD (Sekolah Dasar) pernah terendam langsung direspon dan sudah selesai dibangun sumur resapan," jelasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook