Hutan Kota Sering Dirusak

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 03 Juli 2018 - 13:00:20 WIB   |  dibaca: 728 kali
Hutan Kota Sering Dirusak

DIRUSAK : Taman Kota yang terletak di Kampung Pasir Ona, Rangkasbitung kini sering dirusak tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab, Senin (2/7).

RANGKASBITUNG - Taman Kota seluas 1 hektar yang berada di Kampung Pasir Ona, Kecamatan Rangkasbitung tampak kurang terurus dan banyak dirusak warga. Akibatnya, hutan yang sengaja dipelihara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak itu tidak sehijau dan seteduh 8 tahun lalu.


Pantauan Banten Raya, Senin (2/7), ketika masuk kedalam hutan kota tersebut banyak pohon yang dicoreti tangan-tangan jahil. Begitu pula rumputnya yang sejak beberapa tahun tampak hijau, kini mulai gundul akibat banyaknya warga yang masuk ke hutan menggunakan sepeda motor.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Lebak, Nana Sunjana mengatakan, pemerintah sengaja memelihara hutan kota tersebut agar Kota Rangkasbitung tetap memiliki hutan yang hijau. Selain untuk mempertahankan penghijauan, hutan kota itu juga dibangun agar bisa dimanfaatkan untuk bermain sambil menikmati suasana hutan.

"Memang tidak ada pihak yang menungguinya, sehingga bukan tidak mungkin banyak yang datang kehutan tersebut sambil merusak pepohonan yang ada. Lama kelamaan kondisi hutan menjadi rusak," kata Nana kepada Banten Raya, kemarin.


Ditambahkan Nana, selain merusak tanaman, banyak pula masyakat yang datang ke hutan tersebut membuang sampah sembarangan. Akibatnya, hampir setiap hari petugas sampah dari Dinas LH mendapatkan sampah yang berserakan disekitar hutan kota.

"Padahal, sudah kami sediakan tempat pembuangan sampah dibeberapa titik lokasi hutan kota, tetapi masih banyak saja masyarakat yang membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan hutan kota kotor," tambahnya.


Sekretaris Dinas LH Kabupaten Lebak, Ade Kurnia menegaskan, jika pihaknya memergoki oknum masyarakat yang merusak pepohonan atau eko sistem dilingkungan taman kota, maka pihaknya tidak akan segan-segan menindaknya. (hudaya)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook