Harga Cabai Rawit Meroket

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 03 Juli 2018 - 14:51:06 WIB   |  dibaca: 128 kali
Harga Cabai Rawit Meroket

CUMA BISA PASRAH : Seorang pedagang cabai rawit melayani pembeli di Pasar Rangkasbitung, Senin (2/7).

RANGKASBITUNG - Harga cabai rawit merah di Pasar Rangkasbitung, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak melonjak tajam. Pekan lalu, harga cabai rawit di kisaran Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram, sementara kini menembus angka Rp60 ribu per kilogram. Selain cabai rawit, cabai jenis lainnya juga mengalami kenaikan antara Rp5 ribu hingga Rp12 ribu per kilogramnya.


"Waktu minggu kemarin, harganya masih normal. Tapi tadi beli, bikin kaget, naik sampai dua kali lipat. Tadinya Rp30 ribu menjadi Rp60 ribu," kata Rusmiati, warga Sajira yang tengah berbelanja di Pasar Rangkasbitung, Senin (2/7).


Rusmiati tidak menyangka harga cabai bakal naik tajam, karena saat lebaran, harganya biasa saja. "Sekarang ini gak ada angin gak ada hujan tahu-tahu naik saja. Mau protes, protes ke siapa, ya paling kita mengurangi pembelian dari satu kilogram menjadi setengahnya saja," tuturnya.


Ahmad Fauzan, pedagang sembako di Pasar Rangkasbitung menjelaskan, kenaikan harga cabai dipicu karena stok yang menipis. "Permintaan banyak namun pasokan kurang, sehingga kenaikan harga menjadi tak terbendung," jelasnya.


Selain cabai rawit, tambah Fauzan, harga tomat juga ikut naik dari sebelumnya Rp6.000  menjadi Rp10.000 per kilogram. "Kenaikan harga ini bukan kita yang naikin, tapi dari para pemasok. Kalau kita ngikutin harga dari sana," tambahnya.


Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lebak Saepudin mengatakan, sesuai hasil pemantauan, harga cabai di Pasar Rangkasbitung memang mengalami kenaikan. "Cabai rawit merah yang semula Rp40 ribu naik jadi Rp60 ribu perkilogram. Untuk cabai rawit hijau dari Rp36 ribu menjadi Rp48 ribu per kilogram.

Kemudian cabai merah keriting dari sebelumnya Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram. Cabai merah besar dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram. Kenaikan ini masih dalam batas yang wajar," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook