Syafrudin-Subadri Tetap Menang

nurul roudhoh   |   Politik  |   Selasa, 03 Juli 2018 - 14:59:34 WIB   |  dibaca: 1146 kali
Syafrudin-Subadri Tetap Menang

TAK BERUBAH : Hasil rekapitulasi suara di Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Senin (3/7).

SERANG- Proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan telah selesai dilakukan, kemarin. Kecamatan Serang yang memiliki pemilih paling banyak menjadi kecamatan terakhir yang menyelesaikan rekapitulasi suara.

Komisioner KPU Kota Serang Fierly MM mengatakan bahwa hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang berakhir kemarin memperlihatkan perolehan suara kandidat yang mirip-mirip dengan sistem informasi penghitungan (situng) KPU Kota Serang yang dilakukan pada 27-28 Juni. Dari hasil rekapitulasi terdapat perolehan suara yang terkoreksi meski tidak banyak.
“Itu karena di sejumlah TPS ada salah,” kata Fierly, Senin (2/7).

Fierly mengatakan bahwa terdapat perolehan suara yang berbeda di formulir C1 KPPS, saksi pasangan calon, dan pengawas. Bila itu terjadi, maka data dalam kertas plano yang akan dijadikan rujukan. Sebab, kesalahan itu karena kesalahan manusia (human error).


Fierly mengungkapkan bahwa ada sejumlah catatan yang bisa disampaikan selama proses rekapitulasi suara ini.Pertama, saksi paslon nomor 1 tidak menandatangani formulir DAA (rekap TPS dalam satu kelurahan) dan DA1 (rekap kelurahan dalam satu kecamatan). Selain itu mereka juga tidak mau menandatangani polio maupun plano.
 
Kedua, terjadi kekeliruan administrasi paling banyak di data pemilih dan pengguna hak pilih. Hal ini disebabkan karena ketidakcermatan KPPS dalam menuliskan data pemilih dan pengguna hak pilih karena tidak mencatatkan data pemilih dan pengguna hak pilih.
 
Ketiga, ada saksi yang dia tidak dapatkan C1 karena saksi yang tidak bisa hadir tidak menyerahkan C1 ke saksi yang menggantikannya. Tapi masalah itu selesai dengan pemberian C1 salinan yang distempel KPU sebagai tanda resmi.“Itu catatan pleno di sejumlah kecamatan,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Serang Hopip mengatakan bahwa rekapitulasi suara tingkat kecamatan (PPK) untuk Kecamatan Cipocok Jaya telah selesai dilakukan pada Sabtu (30/6) lalu. Jumlah kelurahan di kecamatan tersebut adalah 8 kelurahan. Hasilnya tidak ada selisih jumlah suara yang didapatkan oleh ketiga pasangan calon. Paslon nomor 3 tetap menjadi paslon dengan raihan suara terbanyak di Cipocok Jaya.“Tidak ada perubahan,” ujar Hopip.

Hopip mengungkapkan bahwa tidak ada kendala selama proses rekapitulasi suara di Cipcpok Jaya. Yang ada hanya kesalahan penempatan angka pemilih, salah satunya pemilih disabilitas. Namun kesalahan itu tidak mengubah angka suara dan tidak berpengaruh pada hasil akhir dari suara yang didapatkan semua paslon. “Paslon satu mendapatkan 10.948 suara, paslon dua 9.123 suara, dan paslon tiga 20.006 suara,” katanya.

Komisioner KPU Kota Serang Durotul Bahiyah juga mengungkapkan bahwa rekapitulasi suara tingkat kecamatan (PPK) di Kecamatan Taktakan juga telah selesai dilakukan pada Sabtu lalu. Dengan jumlah 135 TPS yang tersebar di 12 kelurahan penghitungan cukup cepat. Hasilnya sama dengan penghitungan suara di tingkat kelurahan (PPS).“Perolehan suara terbanyak tetap paslon 3,” kata Duroh.

Sementara itu hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan tetap memenangkan pasangan nomor 3 yaitu Syafrudin dan Subadri Usuludin dengan perolehan suara mencapai 108.988 suara. Disusul kemudian paslon nomor 2 yaitu Vera Nurlaela dan Nurhasan dengan perolehan suara mencapai 90.104 suara. Sementara posisi terakhir adalah paslon nomor 3 yaitu Samsul Hidayat dan Rohman dengan perolehan suara mencapai  82.144 suara. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook