Jumlah PPK Dikurangi Jadi 3 Orang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 04 Juli 2018 - 14:38:38 WIB   |  dibaca: 256 kali
Jumlah PPK Dikurangi Jadi 3 Orang

KUNJUNGAN : Komisioner KPU Banten saat berkunjung ke Kantor Redaksi Harian Umum Banten Raya di CIlegon Business Square, PCI, Selasa (3/7). Kunjungan ini bagian dari mendekatkan KPu dengan pihak media.

SERANG- Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan menyampaikan sejumlah jadwal tahapan bakal calon legislatif (bacaleg) dan bakal anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Banten, lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten melakukan kunjungan kerja ke kantor redaksi Banten Raya, di Rukan Cilegon Business Square, Kota Cilegon, Selasa (3/7).


Kelima komisioner tersebut adalah Ketua KPU Banten Wahyul Furqon, Rohimah, Eka Setialaksmana, Nurkhayat Santosa dan Ramelan. Rombongan langsung disambut oleh Pimpinan Redaksi Banten Raya Budi Sudiarto.


Kepada jajaran Banten Raya, Wahyul menyampaikan bahwa ada kebijakan baru terkait jumlah sumber daya manusia panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang awalnya ada lima orang, saat ini dikurangi menjadi tiga orang. Sedangkan pemilih akan mendapatkan sejumlah kertas suara yaitu pemilihan presiden, DPRD Banten, DPRD kabupaten/kota, DPR RI dan DPD.


“Kebijakan tersebut tidak menjadi persoalan, namun harus dijadikan perhatian serius KPU Banten dan kabupaten/kota. Karena sebagai penyelenggara, kami harus siap menjalankan kebijakan tersebut,” kata Wahyul.


Ia mengaku bahwa KPU Provinsi Banten dan jajarannya di kabupaten/kota mulai hari ini secara serentak membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk DPRD sesuai tingkatannya. Jadwal pendaftaran ini sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaran pemilu 2019. “Tahapan sedang kami jalani,” ujarnya.


Senada disampaikan Eka Setialaksmana. Menurutnya, media merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemilu. Tentunya KPU Banten memiliki keinginan untuk menjaga hubungan yang sudah baik dengan media untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Kami ingin mengajak kawan-kawan media untuk mengawal proses demokrasi di Banten,” katanya.


Di lokasi yang sama, Rohimah mengatakan, KPU Banten melakukan road show untuk mempererat tali silaturahmi, dengan tujuan menyampaikan sejumlah tahapan pemilu. Ia menilai, media juga bisa menyampaikan pemberitaan untuk memberikan pencerahan kepada partai politik.

Surat keterangan sehat bagi bacaleg hanya boleh berasal dari tiga rumah sakit yang berada di Banten, yaitu RSUD Kabupaten Serang, RSUD Kabupaten Tangerang dan RS Sintanala. “Hanya tiga rumah sakit yang diakui oleh KPU sebagai surat keterangan sehat bagi bacaleg yang maju dalam pemilu 2019,” ungkapnya.


Sementara Ramelan juga mengatakan bahwa kekuatan media Banten Raya adalah memiliki pertanggungjawaban profesional, jika dibandingkan media social. Kerjasama dan sinergitas dengan Banten Raya dan media cetak harian lokal lainnya menjadi sesuatu yang sangat penting bagi KPU untuk menyukseskan pemilu 2019.


Senada disampaikan Nurkhayat Santosa, pentingnya hubungan media dengan KPU Banten adalah, media bisa menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan tahapan pemilu 2019. Terkait dengan masa pencalonan, KPU Banten akan menerima pendaftaran calon DPRD dan DPD asal Banten.


“Terkait persoalan tersebut hal yang menjadi perhatian serius adalah, dukungan yang belum memenuhi syarat. Oleh karena itu, berkas dukungan harus memenuhi syarat bagi calon yang belum memenuhi persyaratan,” imbuhnya.


Dalam kesempatan itu, Pimpinan Redaksi Banten Raya Budi Sudiarto menyambut baik kunjungan tersebut. Budi berjanji akan mendukung sejumlah program dan tahapan pemilu 2019 untuk meningkatkan partisipasi pemilih, melalui sajian berita-berita di Banten Raya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook