Jangan Rekayasa Syarat Caleg

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 04 Juli 2018 - 15:01:04 WIB   |  dibaca: 4509 kali
Jangan Rekayasa Syarat Caleg

SOSIALISASI : Pengurus parpol mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan KPu Kabupaten Serang, di Le Dian Hotel, Kota Serang, Selasa (3/7).

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar sosialisasi tahapan pencalonan anggota DPRD Kabupaten Serang kepada pengurus partai politik (parpol) dan instansi terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan Rumah Sakit Dradjat Prawirangera. Sosialisasi dilakukan agar pengurus parpol dan instansi terkait dapat memahami Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019.


Ketua KPU Kabupaten Serang Muhammad Nasehudin mengatakan, tahapan-tahapan pencalonan anggota DPRD dari mulai pengumuman sampai dengan pendaftaran bakal calon anggota DPRD dimulai Juli tahun ini. “Sesuai surat edaran (SE) KPU RI, maka KPU harus melakukan sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018. Jadi mulai tanggal 4 sampai 17 prosesnya yaitu parpol mengajukan bakal calon,” ujar Nasehudin, di Le Dian Hotel, Kota Serang, Selasa (3/7).


Ia menjelaskan, semua pengurus parpol wajib memahami PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tersebut, yang didalamnya terdapat aturan mengenai surat menyurat, seperti surat kesehatan, surat kelakuan baik, dan legalisir ijazah. “Kita menekankan, kaitannya dengan pengurusan persyaratan, misalnya legalisir ijazah, kita tidak pingin parrol mengusulkan caleg dari segi persyaratan ada persoalan, seperti yang terjadi di Kabupaten Serang pada 2014 lalu,” ujarnya.


Pria berjanggut panjang itu mengimbau, jika pengurus parpol mengalami kesulitan atau kendala terkait pengurusan surat menyurat, dapat berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait. “Jangan sampai ada parpol yang merekayasa surat atau dokumen lainnya. Kalau ada kesulitan dengan legalisir ijazah silakan koordinasi dengan dinas pendidikan, kalau terkait surat kelakukan baik, silakan koordinasi dengan pihak kepolisian,” tuturnya.


Namun demikian, Nasehudin mengaku terkait dengan pemeriksaan kesehatan, pihaknya ada kekhawatiran jika RS Dradjat Prawiranega akan kewalahan. “Jumlah caleg di Kabupaten Serang kan hampir 800 dengan sisa waktu 18 hari lagi, kelihatannya pihak rumah sakit kewalahan. Soalnya rumah sakit yang direkomendasikan di Banten oleh KPU RI ada tiga, salah satunya yaitu RS Dradjat Prawirangera,” ungkapnya.


Sementara itu, Direktur RS Dradjat Prawiranegara Agus Gusmara mengatakan, pihaknya siap melakukan pemeriksaan bakal calon anggota DPRD. “Kita baru tahu hari ini secara formalnya, kalau RSDP yang direkomendasikan. Enggak tahu keudag (terkejar -red) atau tidak. Paling kekuatan kita 50 orang satu hari kalau lancar, tapi insya Allah meudah-mudahan tidak semuanya ke RSDP, bisa ke RS yang lain, yang direkomendasikan KPU RI,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook