TBM Didorong Tingkatkan Minat Baca Warga

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 05 Juli 2018 - 13:15:54 WIB   |  dibaca: 221 kali
TBM Didorong Tingkatkan Minat Baca Warga

DIBERIKAN PEMBEKALAN : MW Fauzi memberikan materinya dalam acara pembinaan instruktur literasi yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Banten, di salah satu hotel di Pandeglang, Rabu (4/7).

PANDEGLANG - Sedikitnya 40 Komunitas Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kabupaten Pandeglang mendapat pembinaan instruktur literasi dari Kantor Bahasa Provinsi Banten, di salah satu hotel di Pandeglang, Rabu (4/7). Kegiatan ini untuk mendorong semua pengurus TBM agar meningkatkan minat baca masyarakat.


Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Muhammad Luthfi Baihaqi menjelaskan, dengan adanya kegiatan literasi dapat memberikan pembekalan kepada komunitas TBM untuk mengajak masyarakat dalam membaca.

"Ini dalam rangka menyukseskan, dan mengembangkan budaya literasi. Kita mengapresiasi para relawan TBM. Kita berusaha untuk meningkatkan kompetensi mereka. Kita berikan pelatihan literasi, biar mereka bisa menjadi instruktur di komunitasnya," kata Luthfi, ditemui usai acara.


Luthfi mengaku akan berusaha memberikan pembengkakan kepada komunitas TBM, karena mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat di lingkungan sekitarnya. "Sebetulnya, komunitas baca kewenangannya berada di pendidikan non-formal.

Tapi kita adakan acara seperti itu untuk mendorong mereka. Mereka sering menyelenggarakan beberapa kegiatan semacam perpustakaan dan lomba-lomba. Tujuannya hanya satu, bagaimana masyarakat membaca, dan punya angka literasi yang tinggi," ujarnya.


Dia menjelaskan, hingga saat ini minat baca masyarakat Banten khususnya Pandeglang masih rendah. "Kenapa rendah. Ini hasil dari nilai UN (ujian nasional) siswa yang masih rendah. Kita dapat data dari tingkat nasional. Tapi saat ini datanya, masih kita olah untuk dilakukan penelitian. Bulan kemarin sudah dilakukan pemetaan, dan sekarang sedang berproses," jelasnya.


Ketua Forum TBM Pandeglang, Suyanto menuturkan, akan berusaha mengajak masyarakat untuk belajar membaca. Dia berharap, kedepan minat baca masyarakat dapat meningkat, dan mampu menumbuhkan kegemarannya dalam membaca. "Kita akan berusaha untuk menarik minat masyarakat dalam baca. Ini sudah menjadi tugas kami dalam meningkatkan minat baca masyarakat," tuturnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook