Besi Beton Jalan Bhayangkara Membahayakan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 05 Juli 2018 - 13:38:05 WIB   |  dibaca: 957 kali
Besi Beton Jalan Bhayangkara Membahayakan

BERBAHAYA : Kendaraan melintas disamping beton yang masih dalam tahap pengeriingan di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (4/7). Banyak pengendara mengeluhkan keberadaan besi pada proyek itu.

SERANG- Peningkatan jalan struktur beton yang dilakukan di Jalan Bhayangkara, Kota Serang dinilai membahayakan pengguna jalan, terutama ketika malam hari. Sebab, besi-besi yang menonjol dari beton yang tidak dilengkapi dengan penerangan jalan bisa menyangkut ke kendaraan pengguna jalan.


Upi, warga Cipocok Jaya yang tinggal di Bhayangkara mengatakan bahwa pengerjaan jalan di Bhayangkara yang berlagsung beberapa hari ke belakang ini membahayakan karena besi dari beton yang mencuat ke jalan yang dilalui kendaraan akan sangat membahayakan pengguna jalan.

Apalagi bila malam hari karena di jalan tersebut belum sepenuhnya ada lampu penerangan jalan. Bahkan di beberapa titik jalan terlihat remang-remang saat malam hari.“Kalau liat di tempat lain kan besinya dibengkokin. Jadi enggak bahaya,” kata Upi, Rabu (4/7).

Bila besi yang mencuat itu tidak dibengkokan, kata Upi, maka perlu ada penanda guna membatasi pengguna jalan agar tidak berjalan di area yang membahayakan. Tanda itu bisa berupa tali semacam garis polisi (police line) atau lampu kelap-kelip sehingga pengendara waspada dan tahu akan adanya daerah yang rawan yang harus mereka hindari. “Kalau sekarang kan apalagi kalau kendaraannya enggak ada lampunya bisa celaka,” ujarnya.

Upi mengaku senang dengan adanya peningkatan jalan tersebut mengingat Jalan Bhayangkara yang dilewatinya setiap hari sering rusak. Perbaikan yang dilakukan biasanya hanya tambal sulam. Karena itu bila perbaikan jalan dilakukan dengan cara dibeton maka akan membuat jalan lebih awet. Meski demikian proses pengerjaan pengecoran seharusnya dilakukan dengan baik dan tidak membahayakan.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang Asep Heryawan mengatakan bahwa besi yang merupakan struktur dari beton pasti akan dibengkokan untuk menhindari adanya bahaya pada pengguna jalan. Hanya saja karena umur beton masih dua hari maka pembengkokan besi ditunda. “Kalau umur dua hari dibengkokan betonnya akan rusak,” katanya.

Asep mengatakan bahwa Jalan Bhayangkara akan ditingkatan menjadi beton karena pembangunan jalan pada tahun 2010 lalu sudah waktunya ditingkatkan. Peningkatan jalan ini akan dilakukan sepanjang 2 kilo meter lebih yang akan berlangsung sejak April sampai dengan Oktober mendatang. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook