Kapolres Minta Ulama Cegah Paham Radikalisme

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 06 Juli 2018 - 14:29:22 WIB   |  dibaca: 255 kali
Kapolres Minta Ulama Cegah Paham Radikalisme

BERDIALOG : Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutriato Amstono berbincang dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam acara halal bihalal bersama ulama dan umaro dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72, di Gedung MUI Pandeglang, Kamis (5/7).

PANDEGLANG- Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengajak para ulama di Kabupaten Pandeglang untuk berperan aktif mencegah penyebaran paham radikalisme di lingkungan masyarakat. Demikian disampaikan Kapolres dalam acara halal bihalal bersama ulama dan umaro dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Gedung MUI Pandeglang, Kamis (5/7) pagi.


Hadir dalam acara itu Bupati Pandeglang Irna Narulita, Komandan Kodim (Dandim) 0601 Pandeglang Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang Nina Kartini, Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, Ketua MUI Pandeglang Tubagus Hamdi Ma’ani, para asda, kepala OPD, MUI kecamatan hingga kapolsek se-Pandeglang.


Kapolres mengajak para ulama untuk memberitahukan kepada masyarakat agar menjauhi paham radikalisme. Karena para ulama dapat melindungi agama dari pengaruh-pengaruh akidah yang sesat, dan pemikiran menyimpang yang membahayakan agama. "Para ulama dalam hal ini sangat krusial dalam penanganan radikalisme. Kami minta para ulama untuk membantu kami. Mari kita awasi bersama," kata Kapolres.


Menurutnya, untuk mencegah dan menghilangkan peluang paham radikalisme itu perlu adanya dukungan dari semua pihak agar langsung mendapatkan penanganan. "Di Pandeglang ini radikelaisme dan terorisme itu ada. Ini lah peran kita sebagai Polri, TNI, pemerintah daerah dibantu ulama untuk menghilangkan radikelaisme di Pandeglang. Kami sebagai Polri gak bisa berbuat banyak kalau tidak ada ulama," ujarnya.


Untuk menjauhi paham radikalisme itu, Kapolres mengingatkan jajarannya untuk dekat dengan masyarakat. "Kegiatan ini agar kami bisa lebih dekat dengan ulama. Para kapolsek dan Babinkamtibmas harus dekat dengan masyarakat. Kita harus lebih bisa mendekatkan diri dengan masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” harapnya.


Ketua MUI Pandeglang KH Hamdi Ma'ani mengatakan, setiap daerah tentunya sangat membutuhkan keamanan dan nilai-nilai keimanan. Sebab, apabila faktor itu sudah terbentuk, kedepanya akan menghasilkan suasana yang aman dan tentram untuk umat. "Untuk mencapai itu memang tidak mudah, tentunya membutuhkan ulama dan umaro. Kami akan berusaha untuk bersinergi bersama Forkopimda dan pemerintah," tuturnya.


Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, peran ulama sangat berarti terhadap nilai-nilai keislaman, karena nasihat para ulama sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, tali silaturahmi antara pemerintah beserta Forkopimda dengan para ulama harus tetap terjaga. "Saya berharap dalam kegiatan ini terjalinnya persatuan dan kesatuan. Kami sangat mengapresiasi pihak kepolisian yang selalu memberikan keamanan dan siap siaga menjaga kondusifitas daerah," katanya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook