RSUD Kota Serang Belum Bisa Tangani Operasi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 07 Juli 2018 - 11:52:19 WIB   |  dibaca: 409 kali
RSUD Kota Serang Belum Bisa Tangani Operasi

BELUM BANYAK YANG TAHU : Kepala Seksi (Kasi) Promkes RSUD Kota Serang Ubaedah (kiri) mengecek buku di loket pendaftaran RSUD Kota Serang, Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Jumat (6/7).

SERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang yang baru dilaunching pada 25 Juni 2018 lalu belum bisa melakukan operasi besar. Hal ini disebabkan karena keterbatasan fasilitas yang ada.


Direktur RSUD Kota Serang M Hasanudin mengatakan bahwa sampai saat ini baru operasi kecil yang bisa dilakukan di rumah sakit tersebut. Pasalnya fasilitas seperti kamar operasi belum tersedia dan baru akan dibangun dengan menggunakan APBD perubahan.


“Kamar operasi untuk operasi besar baru akan dibangun tahun ini. Karena belum ada untuk sementara kami pake ruang rawat inap sebagai kamar operasi kecil,” kata Hasan, Jumat (6/7).
Untuk mengatasi kendala bila ada operasi besar, kata Hasan, pihaknya membuat kerja sama dengan rumah sakit lain seperti RSUD Banten dan RSUD Dr. Dradjat Prawiranegara.

Dengan kerja sama ini maka operasi besar bisa dilakukan di rumah sakit yang bekerja sama sementara dokter yang melakukan operasi tetap merupakan dokter RSUD Kota Serang.
“Saya punya tenaga ahli hanya pinjam tempat,” katanya seraya menambahkan operasi besar misalkan akibat kecelakaan parah dan operasi caesar.


Kepala Seksi Promosi sekaligus Humas RSUD Kota Serang Ubaedah mengungkapkan bahwa sejak dioperasikan sampai dengan kemarin sudah ada 13 orang yang berobat. Namun semuanya masih berobat jalan dan tidak ada satu pun yang rawat inap.“Kebanyakan berobat ke THT dan umum,” ujar Ubaedah.


Selain itu ada juga satu pasien anak yang masuk ke IGD karena kecelakaan. Karena operasi pada anak tersebut masuk dalam kategori operasi kecil maka operasi masih dapat dilakukan. Sementara bila operasi yang dibutuhkan merupakan operasi besar maka akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih memadai.


Ubaedah mengungkapkan bahwa masih sedikitnya warga yang berobat ke RSUD Kota Serang karena rumah sakit ini masih baru. Mayoritas warga yang berobat mengetahui keberadaan RSUD Kota Serang  dari mulut ke mulut.

Untuk itu ke depan pihaknya akan mempromosikan rumah sakit ini, baik melalui brosur maupun media lainnya.“Kita akan lakukan media promosi melalui brosur. Kita juga akan upayakan membuat penunjuk jalan supaya masyarakat aware ada rumah sakit di sini,” ujarnya.


Ubaedah menyatakan bahwa RSUD Kota Serang masih dalam tahap pembangunan. Karena itu masih banyak fasilitas yang belum ada. Seperti ruang IGD baru akan dibangun di tahun ini setelah dua gedung yang sudah ada dibuat. Kerja sama dengan BPJS Kesehatan juga sedang dilakukan agar pasien BPJS Kesehatan bisa dirujuk ke rumah sakit ini.“Kita pengennya secepatnya beres yang BPJS supaya bisa langsung jalan,” tuturnya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook