Serap Aspirasi Lewat Sospem Kelurahan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 09 Juli 2018 - 12:15:42 WIB   |  dibaca: 344 kali
Serap Aspirasi Lewat Sospem Kelurahan

MEMBERI PENJELASAN : Camat Cilegon Idad Zaldad bersama sejumlah pejabat bergiliran memberikan penjelasan kepada warga terkait dengan aspirasi dan persoalan lingkungan, kemarin.

Pemerintah Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon kembali menggelar sosialisasi pembangunan Sospem tahap III. Seperti biasa, selain sosialisasi berbagai pencapaian pembangunan yang telah berhasail dlakukan pemerintah kelurahan, kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai sarana menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat.

Lurah Bendungan, Maman Herman mengatakan, dalam acara Sospem kelurahan tersebut banyak aspirasi yang lahir, diantaranya adalah pemagaran ruang terbuka hijau (RTH) kecamatan, pengelolaan sampah, sampai pada mengantisipasi penyalahgunaan fasilitas RTH sebagai tempat nongkrong dan mesum oknum yang tidak bertanggung jawab.


 "Kami mengadakan rutin Sospem tingkat kelurahan, ini yang ketiga kalinya. Dalam Sospem ini intinya warga ingin RTH aman dan nyaman untuk warga. Untuk itu, pengelolaannya harus dibenahi oleh dinas terkait yaitu DPKP (Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman) Kota Cilegon," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Menurut Maman, setiap kali ada persoalan yang terjadi di RTH, seperti masalah warga mesum dan mabuk, Pemerintah Kelurahan selalu menjadi sasaran warga. Warga menganggap pemerintah kelurahan  tidak becus mengelola RTH. Padahal kewenanga RTH merupakan kewenangan DPKP Kota Cilegon.


 "Terkadang warga hanya tahu kelurahan yang salah karena kita pemerntahan yang paling terdekat dengan lokasi. Padahal, pengelolaan itu anggarannya ada di Kota. Dengan Sospem ini kami menyampaikan kepada warga agar warga paham," jelasnya.

Selain paham, tambah Maman, dalam Sospem tersebut Pemerintah Kelurahan menghadirkan semua pihak yang berwenang terkait dengan pengelolaan RTH, seperti DPKP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Saruan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon. Hal tersebut agar warga menyampaikan langsung kelurahan dan aspirasinya.


"Kami berharap dengan disampaikan langsung bisa menjadi pertimbangan para pemangku kebijakan untk  memberikan jalan keluar terhadap berbagai persoalan RTH. Biar mereka (Dinas terkait-red) langsung juga mengambil kebijakan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umun pada Kelurahan Bendungan, Nurul Hidayati mengungkapkan, dalam setiap tahapan Sospem selalu ada aspirasi yang berbeda. Karena persoalan yang terjadi sesuai dengan kondisi dilingkungannya.

"Sekarang ini kami laksanakan di wilayah warga yang dekat dengan RTH. Kami harap aspirasi yang sudah disampikan bisa ditindaklajuti dan direalisasikan apda anggaran atau program dinas," ungkapnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook