212 Siswa Terima Beasiswa Penghafal Alquran

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 09 Juli 2018 - 14:34:58 WIB   |  dibaca: 120 kali
212 Siswa Terima Beasiswa Penghafal Alquran

PEMBERIAN BEASISWA : Siswa di Kabupaten Serang berselfie dengan Bupati Serang Rt Tatu Chasanah, belum lama ini.

SERANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang telah rampung memverifikasi jumlah siswa yang akan menerima beasiswa penghafal Alquran dari Pemkab Serang. Beasiswa yang digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ini akan segera disalurkan kepada para penerima.


Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter pada Dindikbud Kabupaten Serang Aat Supriyadi mengungkapkan, sebanyak 212 siswa diproyeksikan menerima beasiswa dari Pemkab Serang tahun ini. Dengan rincian sebanyak 87 siswa sekolah dasar (SD) dan 125 siswa sekolah menengah pertama (SMP).


Masih menurut Aat, beasiswa penghafal Alquran masuk kategori beasiswa berprestasi yang digagas langsung bupati mulai tahun ini. “Sesuai kewenangan Pemkab Serang, kami bisa memberikan beasiswa untuk siswa SD dan SMP,” kata Aat, Minggu (8/7).


Sedangkan untuk beasiswa penghafal Alquran bagi siswa sekolah menengah atas (SMA), Dindikbud Kabupaten Serang berharap Baznas Kabupaten Serang bisa turun tangan. “Sesuai kewenangan, untuk pendidikan SMA, kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Banten. Namun Baznas Kabupaten Serang bisa memberikan bantuan ini,” ujarnya.


Sementara itu, Kabid SD Dindikbud Kabupaten Serang Aber Nurhadi menambahkan, tahun ini Pemkab Serang juga memberikan bantuan beasiswa kepada 1.250 siswa SD dan 2.050 siswa SMP yang kurang mampu secara ekonomi. Selain itu, ada 354 guru PAUD yang akan diberikan beasiswa sarjana. Kemudian beasiswa untuk 25 mahasiswa asal Kabupaten Serang di Untirta dan 7 mahasiswa di Universitas Indonesia (UI). “Ibu Bupati sudah menandatangani kerja sama dengan Untirta dan UI,” ujarnya.


Aber menjelaskan, salah satu untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) yang menjadi prioritas pembangunan Pemkab Serang, diperlukan pendidikan yang berkonsep untuk semua. “Sesuai amanat Ibu Bupati, di Kabupaten Serang tidak boleh ada siswa putus sekolah. Dana BOS atau bantuan operasional sekolah belum memenuhi kebutuhan pribadi siswa, karena itu kami memberikan tambahan beasiswa,” tuturnya. (*/tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook