Kelas Inspirasi Tingkatkan Kualitas Guru

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 10 Juli 2018 - 13:26:13 WIB   |  dibaca: 278 kali
Kelas Inspirasi Tingkatkan Kualitas Guru

MENYIMAK : Para guru SMK Pembangunan Kota Cilegon serius menyimak pemaparan dari pemateri, Senin (9/7).

Menjadi sebuah keharusan bagi seorang guru untuk terus meningkatkan kualitas, baik dari sisi ilmu pengetahuan maupun moral. Atas dasar itu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembangunan Kota Cilegon yang berada di Jalan Temu Putih, Kelurahan Ciwaduk membuka kelas inspiratif. Hal itu dilakukan, agar para guru bisa terus di tingkatkan kemampuannya, sehingga bisa menjadi guru yang berkualitas.


Kepala SMK Pembangunan Kota Cilegon, Ali Mufti mengatakan, dalam kelas inspiratif tersebut, Ia menghadirkan inisiator yang sudah dianggap guru besar sebagai pendiri SMK Pembangunan di Bandung Djudju Djumhadi memberikan pengalamnnya serta metode pengajaran kepada siswa."Ini kami lakukan rutin agar para guru terus memperbaiki kualitasnya dalam memberikan pendidikan kepada siswa," katanya kepada Banten Raya, Senin (9/7).


Selain kelas inpiratif yang menghadirkan tokoh atau orang yang kompeten dalam bidang pendidikan, Ali menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas para guru juga mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh lembaga lainnya, seperti pelatihan bahasa Inggris yang belum lama ini diikuti oleh sejumlah guru.


 "Untuk guru mata pelajaran umum, kami juga mendorong para guru untuk ikut dalam pelatihan agar bisa meningkakan kemampuannya. Sementara itu, untuk guru tehnik karena mereka rata-rata adalah praktisi yang bekerja dipabrik maka pengembangannnya juga dilakukan diwilayah kerjanya," jelas Ali.


Ali mengungkapkan, selain kemampuan pengetahuan yang harus terus berkembang, para guru juga diharuskan untuk selalu bersikap dengan akhlak yang baik dan menjadi teladan para siswa, sehingga siswa yang diberikan pengajaran bukan hanya cerdas secara ilmu namun juga berakhlak mulia.

 "Kami juga menekankan para guru untuk senantiasa memberikan contoh yang baik dalam bersikap dan berkomunikasi. Hal tersebut juga menjadi bagian penting dalam membangun generasi cerdas yang beriman dan bertaqwa," ungkapnya.


Sementara itu, Pemateri Kelas Inspiratif, Djudju Djumhadi mengatakan, masih ada banyak sistem pengajaran belanda yang melekat dalam pendidikan di Indonesia. Untuk itu, menjadi penting untuk membangun mental dan pemikiran para guru, khususnya para guru yang baru. "Generasi guru sekarang ini harus stril dari sistem pendidikan belanda yang hanya berorientasi terhadap perbudakan. Generasi sekarang harus merdeka, sehingga bisa mengembangkan inisiasi dan kreatifitasnya," katanya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook