Tak Layani Pembuat SIM Menyalahi Aturan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 10 Juli 2018 - 15:06:38 WIB   |  dibaca: 531 kali
Tak Layani Pembuat SIM Menyalahi Aturan

TAK ADA PELAYANAN : Pelayanan SIM di Mapolres Serang sempat dihentikan sementara, lantaran blanko SIM sedang kosong, kemarin. Kondisi tersebut hampir terjadi di semua wilayah di Polda Banten.

SERANG- Ditrektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten memastikan pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) kepada masyarakat tetap berjalan, sekali pun blanko SIM sedang kosong. Jika pelayanan SIM dihentikan, maka itu merupakan sebuah pelanggaran.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten AKBP Arian Colibrito mengaku tidak mengetahui jika pelayanan pembuatan SIM di Satlantas Polres Serang dihentikan gara-gara blangko SIM kosong. Menurutnya, seharusnya pelayanan publik tersebut harus tetap dilaksanakan. "Kalau memang dihentikan sementara, itu aturannya dari mana. Itu kan pelayanan publik, dan harus tetap dilayani meski tidak ada blanko," katanya kepada Banten Raya, Senin (9/7).

Menurut Arian, apabila material SIM di Satlantas Polres Serang habis, seharusnya para pemohon SIM bisa diberikan surat keterangan pengganti (SKP) SIM sementara. Bukan malah menghentikan pelayanan pembuatan SIM.
 

"Sabtu (7/7) kemarin Polres Serang sudah kita distribusikan seribu blanko, seharusnya masih ada. Jika memang tidak ada, bisa diberikan surat keterangan, dan surat itu masa berlakunya hanya seminggu. Kalau masih belum ada, beri perpanjangan kedua. Jika minggu ketiga masih belum ada, bisa dilimpahkan ke Polres yang memang memiliki blanko SIM," ujarnya.

Arian menambahkan, kekosongan blangko SIM itu terjadi karena lelang baru saja selesai pada awal Juli 2018, dan diperkirakan akan mulai didistribusikan ke masing-masing Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) pada akhir Juli hingga awal Agustus mendatang."Maksimal bulan Agustus, tapi bisa saja besok atau minggu depan sudah didistribusikan ke sini," tambahnya.

Arian menegaskan, untuk keterlambatan pendistribusian bukan hanya terjadi di Polda Banten saja, namun hal itu dialami di seluruh Polda. Sampai menunggu material SIM, pihaknya akan lebih selektif untuk menerbitkan SIM."Saat ini Satpas harus lebih teliti dan selektif dalam mencetak SIM guna memperlancar pelayanan sambil menunggu pendistribusian blangko SIM dari Korlantas Polri," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Satlantas Polres Serang AKP Rahmat Sampurno membenarkan jika sudah beberapa hari ini pelayanan pembuatan SIM di Polres Serang terkendala karena kehabisan blanko. Untuk itu pihaknya meminta maaf kepada masyarakat. "Sementara tidak (pelayanan tidak ada), karena material tidak ada," katanya kepada Banten Raya.

Menurut Rahmat, kosongnya material SIM tersebut bukan hanya di Polres Serang. Kondisi itu terjadi di semua wilayah Polda Banten, sampai batas waktu yang belum dipastikan."Material SIM habis se-Polda Banten," ujarnya. (darjat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook