SMK Negeri 1 Kalanganyar Membludak

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 11 Juli 2018 - 13:36:37 WIB   |  dibaca: 179 kali
SMK Negeri 1 Kalanganyar Membludak

LEBAK - Jumlah siswa yang medaftar di SMK Negeri 1 Kalanganyar, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, pada tahun ajaran baru 2018-2019 membludak. Berdasarkan data, jumlah siswa baru pada tahun 2018 naik tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.


"Tahun ajaran baru kali ini jumlah pendaftar di SMKN 1 Kalanganyar membludak. Dari biasa paling satu kelas berjumlah 30-an kini mencapai 140-an," kata Kepala SMK Negeri 1 Kalanganyar Mukmin, Selasa (10/7).


Menurut Mukmin, meningkatkan jumlah pendaftar tentunya berimbas pada ruang kelas yang mengalami over kapasitas. "Jika digabungkan dengan kelas 2 dan kelas 3, maka kekurangan tiga ruang kelas. Sebab saat ini, kita hanya memiliki 3 ruang kelas dan itu juga menumpang di gedung madrasah," katanya.


Mukmin mengaku, menumpang di gedung madrasah sudah tidak memungkinkan lagi, karena ruang kelasnya sudah tidak mencukupi.  "Untuk mengatasi hal itu kita mau pindah gedung. Mau menumpang di SDN Aweh 2," katanya.


SDN Aweh 2, dipilih menjadi tempat baru melaksanakan KBM karena ruang kelasnya lebih banyak dibanding madrasah. "Soal kepindahan ini, sudah dikomunikasikan dengan kepala sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi. Alhamdulilah sudah disetujui," katanya.


Mukmin mengungkapkan, SMK Negeri Kalanganyar sebetulnya sudah memiliki lahan sekitar setengah hektar. Lokasinya di Kampung Pasirgarung, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar.
"Untuk lahan sebetulnya sudah tersedia, tinggal menunggu pembangunan unit sekolah baru (USB). Kalau usulan sudah masuk, tinggal menunggu direalisasikan," katanya.


Mukmin mengatakan, belum adanya gedung baru mengakibatkan siswanya pada tahun ajaran baru tahun ini melaksanakan kegiatan belajar mengajar siang hari. "Belajar siang, jam 12-an sampai sore. Soalnya menunggu siswa SD pulang," katanya.


Hapidi, Ketua RW 02, Desa Aweh berharap, gedung baru SMK bisa segera dibangun. "Supaya anak didik bisa belajar lebih tenang. Tidak lagi harus menumpang di gedung sekolah lain," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook