Usia Produktif Penduduk Banten Capai 73,69 Persen

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 11 Juli 2018 - 13:46:15 WIB   |  dibaca: 102 kali
Usia Produktif Penduduk Banten Capai 73,69 Persen

HARGANAS : Tamu undangan menyimak jalan acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) VVX di Kecamatan Kragilan, Selasa (10/7).

SERANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan bonus demografi dari jumlah penduduk Banten sebanyak 10.487.655 jiwa. Jumlah tersebut jika dikelompokan ke dalam kelompok usia produktif 15-64 tahun, ada sebanyak 7.727.967 jiwa atau 73,69 persen usia produktif. Sedangkan usia non produktif dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun sebanyak 2.759.688 atau 26,31 persen.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi mengatakan, dengan melihat struktur umur tersebut maka akan nampak beban ketergantungan penduduk Banten sebesar 35,71 atau dengan kata lain dari setiap 100 orang produktif menanggung 35-36 orang yang tidak produktif. Kondisi ini dalam demografi disebut dengan bonus demografi, yakni penduduk dengan umur produktif lebih besar, sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak.

“Tentu saja kondisi ini memiliki dua sisi mata uang, bonus demografi dapat menjadi suatu berkah bila melimpahnya jumlah penduduk usia kerja. Karena akan menguntungkan dari sisi pembangunan, sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Wagub pada acara pencanangan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tingkat Provinsi Banten dan Pencanangan Bakti TNI KB-KES Terpadu Tahun 2018 di SMKN 1 Kragilan, Selasa (10/7).

Ia menjelaskan, tumbuhnya ekonomi tentunya meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara kesuluruhan. Namun berkah bonus demografi juga bisa berbalik menjadi musibah jika calon usia produktif memiliki daya tahan dan kemampuan yang rendah sejak awal kehidupannya. “Dengan kata lain memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah. Pola asuh yang diberikan oleh orang tua akan menentukan karakter anak,” katanya.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ‎Republik Indonesia Sigit Prio Utomo mengaku sangat mengapresiasi bahwa penduduk Provinsi Banten saat ini sudah lebih dari 60 persennya produktif. “Saya minta tolong dilihat lagi‎ yang penduduk produktif ini pendidikannya apa?, lama pendidikan sampai berapa? Karena secara nasional lama pendidikan kita baru sekitar 8 tahun, belum lulus SMP,” ujar Sigit. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook