Jawilan Diguyur Pembangunan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 11 Juli 2018 - 13:51:18 WIB   |  dibaca: 4361 kali
Jawilan Diguyur Pembangunan

BANGUN DESA : Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Hartono Karyawan (pakai kaca mata hitam) bersama Wagub Banten Andika Hazrumy dan Bupati Serang Rt Tatu Chasanah meninjau lokasi TMMD ke 102 di Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Selasa (10/7).

SERANG – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 yang digelar di Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan resmi dimulai. Kegiatan TMMD tersebut akan berlangsung selama satu bulan penuh dengan berbagai kegiatan, seperti membangun jalan, membangun jembatan, membangun gorong-gorong dan sejumlah kegiatan lainnya, termasuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, TMMD ke 102 merupakan kegiatan kerjasama antara TNI dengan Pemkab Serang dalam rangka mengangkat kemajuan daerah. “Kegiatan TMMD ini memiliki dua sasaran, yaitu sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik diantaranya pembangunan jalan, jembatan, drainase, pembenahan rumah tidak layak huni,” ujar Harto, Selasa (10/7).


Sedangkan untuk sasaran non fisik, jenderal kelahiran 1963 itu menuturkan, diantaranya yaitu mengangkat semangat gotong royong yang menjadi budaya bangsa, dan melakukan penyuluhan-penyuluhan yang melibatkan instansi-instansi terkait. “Kita pilih Desa Pagintungan sebagai lokasi TMMD usulan dari bawah, dari Kodim kemudian kita pelajari, kita evaluasi, dan kemudian kita putuskan,” katanya.


Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengatakan, selama ini kegiatan TMMD yang digelar di Kabupaten Serang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. “TMMD yang dilakukan di Kabupaten Serang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, dan membangun persatuan,” ujar Tatu.


Pada pelaksanaan TMMD tersebut, pihaknya mengajak masyarakat di Kecamatan Jawilan, terutama generasi muda untuk berbaur bersama TNI dalam mengerjakan kegiatan yang sudah ditentukan. “Untuk kegiatannya yaitu, pembangunan jalan Desa Pagintungan dan Desa Cemplang dengan panjang 2.600 meter dan lebar 4,5 meter dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang,” tuturnya.


Untuk kegiatan lain yaitu, pelebaran jembatan sepanjang enam meter dengan lebar lima meter di Desa Pagintungan, pembuatan gorong-gorong sepanjang enam unit, perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 10 unit, pembuatan MCK sebanyak tiga unit, pembangunan drainase,  sepanjang 320 meter, pembangunan jalan lingkungan sepanjang 458 meter, bedah rumah sebanyak 1 unit, renovasi masjid satu unit, dan musala satu unit.


“Selain pembangun fisik, ada pemberian sembako gratis, pelayanan administrasi kependudukan, penyuluhan kesehatan dan bahaya narkoba, donor darah, penyerahan bibit tanaman, pelayanan perizinan, pelayanan SIM, pelayanan perpustakaan keliling, dan berbagai macam pelayanan lainnya,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook