Rumah Korban Gempa Butuh Bantuan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 12 Juli 2018 - 10:35:01 WIB   |  dibaca: 52 kali
Rumah Korban Gempa Butuh Bantuan

RUSAK AKIBAT GEMPA : Langit-langit salah satu rumah warga terdampak gempa rusak cukup parah. Foto diambil belum lama ini.

RANGKASBITUNG - Para korban bencana gempa bumi yang rumahnya rusak di Kecamatan Cibeber dan Cilograng beberapa hari lalu ternyata masih membutuhkan bantuan dana rehab. Hal itu terjadi, karena para pemilik rumah yang rusak mayoritas berpenghasilan rendah.Diketahui sebelumnya, sebanyak 45 rumah dan tiga mushola di Cibeber dan Cilograng mengalami rusak berat dan ringan akibat diguncang gempa berkekuatan 4,6 skala richter beberapa waktu lalu.


Warga Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Sumarna mengatakan, atas nama para pemilik rumah yang rusak berat akibat guncangan gempa, dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bisa memberikan bantuan dana rehabilitasi.

Sebab, mayoritas pemilik rumah yang rusak berat di desanya adalah warga berpenghasilan rendah yang sangat tidak mungkin memiliki uang besar untuk biaya rehab. "Rumah yang rusak berat akibat guncangan gempat hingga saat ini belum diperbaiki pemiliknya karena tidak adanya biaya," kata Sumarna kepada Banten Raya, kemarin.


Warga Desa Kujangjaya, Kecamatan Cibeber, Suhendri menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak yang telah memberikan bantuan berupa makanan dan lainnya kepada para pemilik rumah yang terkena dampak gempa.

Namun, karena para pemilik rumah yang rusak berat, khususnya merupakan warga berpenghasilan rendah, maka Suhendri berharap Pemkab Lebak memberikan bantuan rehab. "Bantuan yang kami harapkan dari Pemkab itu berupa dana yang kepentingannya untuk meringankan beban biaya merehab rumah yang rusak akibat terkena dampak gempa," tambah Suhendri.


Menanggapi hal itu, Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Pemkab Lebak, Budi Santoso mengatakan, Pemkab Lebak telah menugaskan BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan verifikasi terhadap rumah yang terkena dampak gempa. "Setelah diverifikasi nanti Pemkab akan memberikan bantuan dana terhadap rumah yang nenar-benar layak menerimanya," kata Budi. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook