Sosialisasikan UU KIP, KI Gandeng Kampus

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 12 Juli 2018 - 11:03:22 WIB   |  dibaca: 179 kali
Sosialisasikan UU KIP, KI Gandeng Kampus

SOSIALISASI : Ade Jahran, Ketua KI Banten (dua dari kanan) foto bersama usai melakukan sosialisasi UU KIP pada mahasiswa, kemarin.

SERANG – Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, melakukan pertemuan dengan Ketua Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universita Banten Jaya (Unbaja). Tujuan dari pertemuan tersebut untuk membahas kerjasama antara KI dan Unbaja, terkait dengan keterbukaan informasi publik tingkat desa.


Ade Jahran, Ketua KI Provinsi Banten menuturkan, pihak KI sedang melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di Banten, diawali dengan kampus Unbaja dan kedepan kampus-kampus lainnya.


“Melalui kegiatan kerjasama ini, diharapkan menjadi pengetahuan bagi dosen dan mahasiswa tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Apabila mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan menemukan kesulitan dalam mengakses informasi yang dimiliki oleh badan public, dapat menggunakan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya, Rabu (11/7).


Sebelumnya, KI juga pernah melakukan kerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Serang. “KI memiliki kewajiban untuk mendorong keterbukaan informasi publik dari tingkat provinsi, sampai dengan pemerintah desa. Mengingat, pemerintah desa mendapatkan anggaran yang besar sehingga pemerintah desa harus terbuka,” paparnya.


Melalui memorandum of understanding (Mou) yang akan dilaksanakan pada masa pembekalan KKM Unbaja ini, kata Ade, akan dituangkan beberapa kesepakatan diantaranya KI menyatakan siap melakukan sosialisasi di kampus Unbaja, melalui seminar, diskusi dan pembekalan KKM terkait dengan Keterbukaan Informasi publik.


“Apabila MoU ini sampai terlaksana, maka kampus Unbaja adalah kampus pertama yang melakukan komitem untuk sama-sama mendorong keterbukaan informasi di Provinsi Banten. Dan mahasiswa Unbaja menjadi Agen Keterbukan Informasi yang akan mendorong transparansi informasi publik di desa,” ujarnya.


Sementara itu, di tempat yang sama, Fadilah, Ketua KKM Unbaja mengungkapkan, menyambut baik kerjasama yang akan dilakukan oleh KI dan Unbaja. ia menjelaskan bahwa pada bulan Agustus Unbaja akan melakukan kegiatan KKM, jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKM sebanyak 322 Mahasiswa yang nantinya akan dibagi kelompok yang tersebar kebeberapa desa di kecamatan Anyer, Mancak dan Cinangka.


“Pelepasan Mahasiswa KKM akan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2018 di Aula kampus I, Ciwaru Kota Serang. Mahasiswa akan tinggal di desa selama kurang lebih tiga puluh hari dan melakukan pengabdian kepada masyarakat desa di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan desa dan termasuk juga mendorong pemerintah desa dalam keterbukaan informasi publik,” pungkasnya. (mg-basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook