Data Belum Lengkap, Parpol Dibolehkan Daftarkan Bacaleg

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 13 Juli 2018 - 11:54:58 WIB   |  dibaca: 69 kali
Data Belum Lengkap, Parpol Dibolehkan Daftarkan Bacaleg

KOORDINASI : Suasana rapat koordinasi KPU bersama petugas penghubung pencalonan dan operator silon masing-masing parpol di Aula KPU Pandeglang, Kamis (12/7).

PANDEGLANG - Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai menyatakan, siap membantu partai politik (parpol) dalam memasukan data bacaleg melalui aplikasi silon jika mengalami kendala. "Kita ingin mengetahui progres peng-input-an dokumen pendaftaran bacaleg semua parpol melalui aplikasi silon sesuai keputusan KPU Nomor 876 Tahun 2018 tentang Tahapan Pendaftaran Bacaleg," kata Sujai, ditemui usai rapat koordinasi bersama perwakilan parpol, panwaslu, petugas penghubung pencalonan, dan operator silon, di Aula KPU Pandeglang, Kamis (12/7).


Sejak dibukanya pendaftaran bacaleg pada Rabu (4/7) hingga Kamis (12/7), belum ada satu pun parpol yang mendaftarkan bacalegnya.Menurut Sujai, dari rapat koordinasi itu semua parpol yang belum memasukkan data bacalegnya di aplikasi silon terkendala dengan beberapa persyaratan.

"Tadi sudah kami dengar dari masing-masing parpol bahwa mereka masih menunggu beberapa proses upload dokumen persyaratan yang belum selesai oleh lembaga terkait, seperti persyaratan kesehatan jasmani dan rohani, SKCK, dan pengadilan. Ini yang menjadi kendala operator silon, makanya belum ada parpol yang mendaftar," ungkapnya.


Dia menjelaskan, semua parpol bisa mengajukan data bacaleg secara tidak lengkap melalui aplikasi silon, karena akan adanya tahapan perbaikan yang dilakukan KPU untuk ditindaklanjuti oleh semua parpol.

"Ketika ada persyaratan bacaleg yang belum ada, sebetulnya bisa disampaikan pada tahapan perbaikan, dan parpol hanya tinggal melakukan proses submit di aplikasi silon. Kalau masalah persoalan yang lainnya itu kan sebetulnya sudah selesai, mungkin ada parpol yang masih pleno atau menyesuaikan dengan jumlah kursi," jelasnya.


Sektetaris DPD PSI Pandeglang, Ari Supriadi mengatakan, para bacaleg di partainya hingga saat ini masih melakukan pemberkasan beberapa persyaratan untuk dimasukan dalam aplikasi silon. Dia menyebutkan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh bacaleg terkendala oleh persyaratan kesehatan jasmani dan rohani yang membutuhkan waktu lama. "Data semua bacaleg dalam proses input aplikasi silon. Kita masih menunggu persyaratan kesehatan Medical Check Up (MCU) di RSUD Drajat Prawiranegara Serang," tuturnya.


Dengan adanya kendala persyaratan bacaleg itu, Ari berharap agar lembaga atau dinas terkait yang mengeluarkan surat atau dokumen yang dibutuhkan oleh bacaleg sebagai persyaratan pendaftaran agar bisa lebih diutamakan. Sebab, jika terlambat tentunya akan menghambat proses pendaftaran bacaleg ke KPU. "Memang dalam tahapannya ada masa perbaikan berkas bacaleg, namun alangkah baiknya saat pendaftaran itu semua berkas lengkap," harapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook