Polisi Buru Pelaku Kejahatan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 13 Juli 2018 - 12:03:13 WIB   |  dibaca: 92 kali
Polisi Buru Pelaku Kejahatan

PEMERIKSAAN : Satgas kejahatan jalanan tengah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan, kemarin.

SERANG- Menjelang pelaksanaan Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus 2018, Kapolda Banten Brgijen Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan sterilisasi dan menindak semua kejahatan di jalanan di wilayah Polda Banten.


Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, instruksi pengamanan itu bukan hanya dari Polda Banten, tapi juga atas perintah langsung dari Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk melakukan pengamanan saat menjelang dan berlangsungnya Asian Games.


“Persiapan Asian Games kita sudah mendapatkan instruksi dari Bapak Kapolri bahwa kita harus melaksanakan operasi cipta kondisi (cipkon) yang sasaranya adalah pelaku kejahatan yang ada di jalanan,” katanya kepada Banten Raya, kemarin.


Listyo mengungkapkan, selama satu bulan ini seluruh jajarannya dari Polres Serang, Serang Kota, Lebak, Pandeglang, Cilegon dan Tangerang terus melakukan pengamanan tersebut, agar saat nanti kita masuk pada Asian Games, semua dalam posisi yang zero, tidak ada kejahatan.


“Selama kegiatan Asian Games pun kita akan terus melaksanakan kegiatan pengamanan, dan hal ini sudah dilaksanalan baik oleh Polres maupun Polda setiap harinya, dan ada beberapa hasil nanti akan dihimpun,” ujarnya.


Listyo menambahkan, pengamanan tersebut bukan hanya untuk Asian Games semata, namun untuk seluruh masyarakat di Banten merasakan manfaatnya, karena memang kejahatan jalanan adalah kejahatan yang sangat meresahkan masyarakat.


“Karena ancaman terhadap kegiatan tersebut, bisa bergerak dari seluruh wilayah hukum yang ada di Polda Banten, oleh karena itu kita perintahkan kepada semua jajaran untuk bergerak bersama-sama, sehingga kita harapkan tidak ada celah, dan tidak bisa membuat  niatan yang muncul untuk melakukan kejahatan,” tambahnya.


Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan menjelaskan, dalam menindaklanjuti instruksi Kapolda Banten dan Kapolri terhadap aksi kejahatan jalanan, pihaknya langsung membentuk tim satuan tugas (satgas) street crime atau kejahatan jalanan. “Anggota akan patroli menyisir wilayah atau jalanan yang rawan gangguan keamanan dengan kendaraan patroli dan bersenjata lengkap,” katanya.


Indra menambahkan, personel satgas diperintahkan untuk tidak ragu menindak tegas bahkan menembak para pelaku kejahatan yang mengancam keselamatan jiwa. Tindakan itu dilakukan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap aksi kejahatan jalanan yang kerap melukai para korbannya dengan senjata api maupun senjata tajam. “Ketegasan yang terukur dari petugas semata-mata sebagai upaya memberikan rasa tenang kepada masyarakat,” ungkapnya.


Bila terjadi aksi kejahatan, AKBP Indra meminta masyarakat untuk membantu pihak kepolisian dengan tidak main hakim sendiri ketika berhasil menangkap tangan para pelaku kejahatan. “Jika pelaku tertangkap jangan main hakim sendiri cukup diamankan, seterusnya dilaporkan kepada kepolisian terdekat,” ujarnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook