Ribuan Bacaleg Padati Pengadilan Negeri

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 13 Juli 2018 - 12:05:53 WIB   |  dibaca: 81 kali
Ribuan Bacaleg Padati Pengadilan Negeri

PELAYANAN : Petugas pelayanan di PN Serang melayani masyarakat yang hendak membuat keterangan tidak pernah dipidana untuk persyaratan pendaftaran caleg 2019, Kamis (12/7).

SERANG- Sebanyak 1.200 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) baik di tingkat kabupaten, kota dan provinsi secara bergantian mendatangi pengadilan negeri (PN) Serang. Mereka bermaksud mengajukan permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana, dan dicabut hak pilih mereka, sebagai syarat mereka akan mengajukan diri sebagai calon wakil rakyat.


Staf bagian hukum PN Serang M Nur Muharom mengatakan, hingga Kamis (12/7) ini tercatat sebanyak 1.200 bacaleg yang sudah mengajukan surat keterangan tidak pernah di pidana. Dari jumlah itu ada dua bacaleg yang tercatat pernah tersandung kasus korupsi. "Ada dua orang (tersandung kasus hukum). Yang satu dari Kota Cilegon, dan satunya lagi dari Kota Serang," katanya kepada Banten Raya, Kamis (12/7).


Menurut Muharom, cara mengurus surat tidak terlibat pidana di Pengadilan Negeri harus membuat SKCK (surat keterangan catatan kepolisian) tingkat Polres lebih dulu, dan itu menjadi syarat wajib. Jika sudah punya SKCK, Kartu Keluarga, KTP,  surat pengantar dari kelurahan berupa surat domisili, materai dan foto ukuran 4x6, pemohon bisa langsung datang ke Pengadilan Negeri Serang."Nanti di sini tinggal mengisi surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Pengadilan Negeri dan surat pernyataan yang berisi tidak pernah terlibah pidana khususnya 5 tahun," ujarnya.


Muharom menjelaskan, dalam pengajuan surat tersebut, pengadilan tidak akan memungut uang atau biaya pengurusan tersebut sesuai dengan surat edarah Mahkamah Agung nomor 2 tahun 2018 tentang permohonan surat keterangan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terkait semua jenis surat keterangan pengadilan. "Hanya saja penerbitan surat itu, para pemohon tetap harus melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan. Aturan itu berlaku sejak 4 Juli 2018," jelasnya.


Lebih lanjut, Muharom menambahkan dalam satu hari pihaknya bisa menerima 150 lebih pengajuan terkait hal tersebut. Pelayanan sendiri dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00, sedangkan Jumat dibuka sampai dengan pukul 15.30. "Di sini menampung seluruh pemohon di Cilegon, Kabupaten dan Kota Serang. Sedangkan untuk Lebak, Pandeglang dan Tangerang bisa dibuat pada PN masing-masing daerah," tambahnya.


Namun untuk wilayah Lebak, Pandeglang, jelas Muharom, apabila bacaleg yang terlibat korupsi harus mengajukan permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya tetap dilakukan di PN Serang. "Jika persyaratan telah komplit, permohonan itu akan selesai dalam waktu 2-3 hari kerja. Semua gratis," ungkapnya.


Salah satu bacaleg wilayah Kabupaten Serang Mas Ahmad mengatakan jika dirinya telah menyelesaikan pengurusan permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya di PN Serang. "Alhamdullah dalam proses pengurusan berjalan lancar. Ini datang bersama bacaleg lainnya dan tidak dipungut biaya,"  Menurut Ahmad, sesuai jadwal dari KPU RI, masa pendaftaran caleg DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupatendan kota mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018 mendatang. "Sekarang tinggal menunggu nomor urut. Doakan mudah-mudahan lancar," ujarnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook