1.671 Unit Jamban Bio Septic Dibangun

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 13 Juli 2018 - 14:53:23 WIB   |  dibaca: 91 kali
1.671 Unit Jamban Bio Septic Dibangun

BANTUAN : Sejumlah septic tank bio septic yang disiapkan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang, segera didistribusikan kepada masyarakat penerima bantuan.

KOTA TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang terus berkomitmen menciptakan pola hidup bersih dan sehat bagi warganya dengan bebagai program. Salah satunya dengan membangun 1.672 unit septic tank bio septic.


Program yang dicanangkan Dinas Permukiman (Perkim) Kota Tangerang ini diujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di 13 kecamatan.Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang, Dafyar Eliadi, mengatakan, jamban yang dibangun pada tahun ini berbeda dari sebelumnya yang konvensional. Jamban kali ini menjadi jamban sehat bio septic.


Dijelaskan dia, bio septic tank ini memiliki banyak kelebihan daripada jamban konvensional, yaitu di antaranya ramah lingkungan, berdaya tampung yang pas sesuai kebutuhan, tidak memerlukan resapan lagi, air yang keluar tidak berbau, awet, hemat biaya hingga ukuran yang sangat efisien.


"Teknologi tank yang diberikan kepada masyarakat baru launching tahun ini dan mindset-nya diubah. Dulu pakai konvensional yang akan tembus ke tanah dan merusak lingkungan, tapi septic tank tidak," jelasnya.


Adapun dana yang dialokasikan pembangunan jamban ini sebesar Rp5,2 miliar dari APBD yang dikhususkan bagi masyarakat yang belum memiliki jamban."Produk yang kita pakai ini seperti di perumahan elit, kualitasnya lebih bagus dan ramah lingkungan," tambahnya.


Sementara itu, Kasie P3 Dinas Perkim Kota Tangerang, Sandi Sulaeman, menuturkan, dari 13 kecamatan penerima terbanyak jamban sehat ini berada di Kecamatan Neglasari dengan jumlah 498 unit.


Progress pembangunan 1.671 jamban sehat ini, kata dia, telah mulai dikerjakan pada Juni 2018 dan akan rampung pada November 2018."Semuanya terealisasi kalau tidak ada hambatan sampai bulan November selesai, karena target di lapangan terkendala pro dan kontra. Kalau yang kontra kami akan sosialisasikan terus," tuturnya.


Dia berharap dengan terealisasinya jamban sehat ini dapat mengurangi kebiasaan warga buang air besar (BAB) sembarangan sehingga lingkungan hidup di Kota Tangerang semakin sehat. (*/marjuki)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook