Terlihat Tidak Layak, PT KM Renovasi Posyandu Salak IV

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 24 Juli 2018 - 10:46:07 WIB   |  dibaca: 202 kali
Terlihat Tidak Layak, PT KM Renovasi Posyandu Salak IV

MENINJAU POSYANDU - Dirut PT KM Didik Sugeng K (2 dari kiri) didampingi Kepala Dinkes Cilegon dr Arriadna dan pejabat lainnya saat meninjau kondisi posyandu Salak IV usai direnovasi.

 

CILEGON - PT Krakatau Medika (KM) yang menaungi Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) meresmikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Salak IV yang telah direnovasi agar lebih layak untuk digunakan, Senin (23/7). Posyandu yang terletak di RT 05/04, Lingkungan Sumampir Timur, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta itu awalnya merupakan bangunan yang berdiri atas swadaya masyarakat.
"Kami mendapatkan laporan dari tim kehumasan kami bahwa di lingkungan Sumampir Timur ada Posyandu yang prestasinya luar biasa, namun kondisi bangunannya sangat memprihatikan. Kami coba cek dari foto yang dikirimkan dan ternyata kondisinya memang perlu direnovasi agar lebih layak. Tanpa panjang lebar, kami putuskan untuk membantu," kata Direktur Utama PT KM, Didik Sugeng K kepada Banten Raya, kemarin.


Menurut Didik, bantuan renovasi yang diberikan merupakan program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT KM untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.
"Kami bantu semampu kami sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada masyarakat. Semoga dengan kondisi yang baru, posyandu Salak IV dapat memotivasi para kader posyandu agar lebih giat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Kami juga berharap agar posyandu Salak IV dirawat dan dijaga. Semoga dapat terus membawa manfaat buat yang membutuhkan," tuturnya.


Didik menilai, keberadaan posyandu tidak hanya sebagai tempat untuk melayani pemeriksaan kesehatan bayi, balita serta ibu hamil dan menyusui saja. Lebih dari itu, Posyandu merupakan tempat untuk memonitoring tumbuh kembang anak mulai dari dalam kandungan ibu hingga balita dan menjadi generasi yang cerdas. "Semoga kedepannya dapat meningkatkan harapan hidup masyarakat dengan kesehatan yang lebih baik sehingga terwujud masyarakat yang senantiasa sehat dan Madani," ucapnya.


Ketua Rukun Tetangga (RT) 05/04, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta, Muhammad Yunus mengungkapkan, Posyandu Salak IV memang dibangun dengan keprihatinan karena sebelum direnovasi PT KM dan pihak-pihak lain yang juga ikut membantu, Posyandu itu sempat pindah lokasi selama tiga kali. "Dibuat secara swadaya, karena memang kondisi posyandu Salak IV jauh dari kesan pantas bahkan ada beberapa orang yang menyebutnya seperti kandang kambing. Ukurannya dulu hanya 2,5 meter x 4 meter dengan atap asbes tanpa dinding," ungkapnya.


Namun, tambah Yunus, kondisi itu tidak menyurutkan semangat para kader untuk terus berbuat baik dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga meski kondisinya sangat memperihatinkan, posyandu Salak IV menjadi pilot project tingkat nasional dalam rangka pemberantasan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan berhasil menciptakan zona bebas jentik nyamuk. "Beberapa waktu lalu kementerian kesehatan berkunjung ke lingkungan kami dan memberikan apresiasi terhadap upaya para kader dan masyarakat kami dalam memerangi wabah DBD. Sekarang berkat bantuan PT KM kondisi Posyandu menjadi lebih pantas, sehingga diharapkan semakin memotivasi para kader dan masyarakat untuk terus meningkatkan derajat kesehatannya," tambahnya.


Dalam hal ini, Yunus berpesan, meski para kader telah memberikan yang terbaik dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat tapi sebenarnya masyarakatlah yang menjadi faktor penting penunjang terwujudnya masyarakat dan lingkungan yang sehat. "Kader itu hanya membantu, yang mewujudkannya ya tetap masyarakat," ucapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon dr Arriadna mengapresiasi langkah yang diambil PT KM karena membantu merenovasi Posyandu Salak IV. "Kesehatan itu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintahan saja. Ada tiga pilar penting yang menjadi jaminan terciptanya kesehatan masyarakat yaitu pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat itu sendiri. Kami atas nama pemerintah berterima kasih kepada PT KM yang telah peduli dan sudah membantu dalam bidang pembangunan kesehatan dengan melakukan upaya preventif dan promotif yang lainnya. Semoga renovasi posyandu Salak IV ini merupakan awal keterlibatan PT KM untuk pembangunan yang lainnya," katanya.


Diketahui, peresmian renovasi Posyandu Salak IV dihadiri oleh jajaran Direksi dan Komisaris PT KM, Kepala Dinkes Cilegon dr Arriadna, Camat Purwakarta Balukia, Kepala Puskesmas Purwakarta, Lurah Kebondalem Edi Hilfiandi, Perwakilan PT Krakatau Steel, para donatur, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (danang)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook