Pemkot Komitmen Wujudkan Kesehatan Warga

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 08 Agustus 2018 - 15:32:53 WIB   |  dibaca: 130 kali
Pemkot Komitmen Wujudkan Kesehatan Warga

MENENANGKAN : Walikota Tangerang, Arief R.Wismansyah menyapa anak SD saat acara Gereget 2018, kemarin.

KOTA TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berkomitmen mewujudkan Kota Tangerang sehat.Salah satunya dengan menggelar Gereget 2018, yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang. Gereget 2018 yang berarti Gebyar Sehat untuk Tangerang Kita, merupakan gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Tangerang yang sehat.


"Jadi gerakan ini merupakan bentuk komitmen kita semua, termasuk orangtua dan anak-anak untuk bagaimana mewujudkan Kota Tangerang yang sehat," ujar Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah seusai acara Gereget 2018 yang dilaksanakan di SDN 04,06 dan 08 Kunciran, Kota Tangerang, kemarin (6/8).


Peluncuran Gereget 2018 ini ditandai dengan pelaksanaan Gerakan Minum Obat Cacing dan Imunisasi ORI Tahap 3 secara serentak termasuk juga pemeriksaan kesehatan terhadap anak usia 0 (nol) tahun s/d 19 tahun.


"Ini bagian dari program kita menjaga dan merawat kesehatan masyarakat melalui anak sekolah, karena jumlah anak sekolah inikan ada 400 ribuan ya, artinya kita harapkan kegiatan ini bisa menular ke orang tua dan masyarakat," tuturnya.


"Selain itu, karena ini kan program nasional, minum obat cacing dan pemeriksaan kesehatan, termasuk Vaksin Difetry, dan kedepan saya juga berharap agar ditambah untuk pemeriksaan mata. Karena banyak murid yang duduk di belakang yang tidak sadar matanya buram sehingga menghambat proses pembelajaran," imbuhnya


Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi menerangkan, Gereget 2018 menyasar 560 ribu anak usia balita sampai remaja. "Jadi kegiatan itu adalah kegiatan preventif promotif, dalam kegiatan itu kita melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 560 ribu masyarakat Kota Tangerang usia 0 (nol) tahun sampai dengan kurang dari 19 tahun," terangnya.


"Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu balita dan di atas balita. Untuk balita meliputi Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) melalui pemberian Vitamin A, Imunisasi ORI Tahap 3, dan survey stunting. Kalau untuk usia 5 tahun sampai menjelang 19 itu ada pemberian obat cacing dan Imunisasi ORI, juga termasuk penjaringan anak sekolah, semacam pemeriksaan kesehatan untuk anak kelas 1 dan kelas 7," paparya.


Liza menargetkan, kegiatan ini akan selesai pada akhir bulan Agustus ini. "Kita targetkan sebulan ini kelar, jadi ini bagian dari Bulan Imunisasi Nasional," jelasnya.Terakhir, Liza menjelaskan, masyarakat bisa mengetahui lebih jauh soal Gereget 2018 melalui posyandu dan puskesmas terdekat dan juga sekolah di seluruh Kota Tangerang."Itu bisa didapatkan melalui posyandu dan puskesmas, termasuk juga sekolahan," pungkasnya. (*/marjuki)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook