Koperasi Harus Lebih Jeli

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 08 Agustus 2018 - 15:40:08 WIB   |  dibaca: 106 kali
Koperasi Harus Lebih Jeli

JANGAN HANYA SIMPAN PINJAM : Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa memberikan doorprize dalam Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Serang di Kecamatan Cinangka , kemarin.

SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengimbau agar koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Serang jeli dan mampu menangkap peluang-peluang potensi usaha. Hal itu dilakukan agar koperasi sebagai soko guru perekonomian masyarakat terus berkembang dan dapat mensejahterakan para anggotanya.


Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, setiap daerah di Kabupaten Serang memiliki peluang-peluang usaha yang belum banyak digarap oleh masyarakat. "Koperasi tidak hanya melulu pada simpan pinjam," kata Pandji, pada acara peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Serang ke-71, di Kecamatan Cinangka, Selasa (7/8).


Ia menjelaskan koperasi harus mulai merambah pada sektor usaha yang memberikan keuntungan bagi koperasi itu sendiri. Ia mencontohkan, di Kecamatan Cinangka, salah satu peluang usaha yang bisa digarap oleh koperasi yaitu usaha penginapan dan usaha cenderamata.


"Jadi koperasi harus menjadi mitra pariwisata, tidak selamanya wisatawan yang datang mau menginap di hotel tapi mereka ada yang ingin menginap di rumah-rumah warga maka, koperasi harus bisa membuat homestay dan menyiapkan oleh-olehnya," ujarnya.


Terkait dengan permodalan, Pandji mendorong Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk memfasilitasi permodalan sekaligus memberikan pembinaan. "Tentunya tidak semua koperasi memiliki modal yang cukup untuk membuat usaha-usaha, maka diskoperindag harus mengakseskan mereka ke perbankan atau yang lainnya untuk mendapatkan modal," tuturnya.


Sementara itu, Kabid Koperasi Diskoperindag Kabupaten Serang Pipih Rosvianthie mengungkapkan, selain melakukan pembinaan pihaknya sedang fokus memfasilitasi badan hukum koperasi. "Dalam satu tahun kita memfasilitasi badan hukum koperasi sebanyak 50 koperasi. Kita menargetkan selain melakukan penambahan koperasi pada 2021 semua koperasi di Kabupaten Serang sudah memiliki badan hukum," katanya.


Pipih menuturkan, setelah dilakukan pembinaan, koperasi di Kabupaten Serang sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. "Setelah ada penghapusan koperasi yang jumlahnya lebih dari 500, koperasi yang saat ini ada sudah mulai aktif dan memberikan kesejahteraan kepada anggotanya, serta mendukung prmbangunan di Kabupaten Serang," ujarnya. (tanjung)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook