Jalan Cibarani Belum Tersentuh Pembangunan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 16 Agustus 2018 - 11:17:18 WIB   |  dibaca: 320 kali
Jalan Cibarani Belum Tersentuh Pembangunan

SULIT MELINTAS : Seorang pengendara sepeda motor mengalami kesulitan melintasi jalanan rusak di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, kemarin.

CIRINTEN - Selama puluhan tahun akses jalan Cibarani sepanjang 3 kilometer, tepatnya di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten ternyata belum tersentuh pembangunan. Padahal, Desa Cibarani merupakan salah satu desa wisata adat budaya yang setiap tahunnya melaksanakan acara seren taun kasepuhan Cibarani.


"Setahu saya jalan ini sudah dibangun puluhan tahun. Tapi kondisinya masih memprihatinkan. Sepanjang ruasnya belum tersentuh pengaspalan maupun betonisasi," kata warga Kampung Cibarani Supardi kepada Banten Raya, Rabu (15/8).


Menurut Supardi, tidak adanya proyek tersebut menyebabkan akses jalan yang dibangun semasa ada program Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) masuk desa berupa bebatuan dan tanah menjadi licin saat hujan, sehingga membahayakan keselamatan pengendara. "Kami minta kepada pemerintah daerah, provinsi ataupun pusat untuk segera memperbaikinya. Kurang lebih ada tiga kilometer lagi yang harus segera ditangani," tuturnya.


Wisatawan asal Semarang Pipit mengaku kaget melintasi jalanan Desa Cibarani karena rusak berat. "Kita naik mobil sampai mau muntah, karena bukan lagi goyang-goyang tapi perut terasa dikocok-kocok lantaran medan jalan rusak terus berliku," akunya.


Pipit menjelaskan, dikampung halamannya di Semarang belum pernah melintasi jalan rusak sepertihalnya di Cibarani. "Kalaupun ada rusak, itu paling berlubang. Kalau ini sepanjang ruasnya masih berupa bebatuan," jelasnya.


Kepala Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten Dulhani menuturkan, pemerintah desa sudah berupaya memperbaikinya, namun tidak dapat dilakukan sekaligus. "Pembangunannya dilakukan secara bertahap sesuai alokasi anggaran dana desa," tuturnya.


Dalam hal ini, Dulhani berharap, pemerintah lebih memberikan perhatian kepada desa-desa tertinggal seperti Cibarani. "Disini setiap tahun digelar seren taun kasepuhan Cibarani. Selain itu terdapat tempat obyek wisata alam berupa curug dan juga wisata religi ke sumur tujuh, namun sayang akses jalan rusak menutup potensi yang ada di Desa Cibarani," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook