Bantuan Korban Gempa Lombok Disalurkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 16 Agustus 2018 - 11:31:56 WIB   |  dibaca: 299 kali
Bantuan Korban Gempa Lombok Disalurkan

SOSIAL : Direktur LAZ Harfa Banten, Indah Prihanande secara simbolis menyerahkan bantuan untuk korban gempa Lombok kepada Branch Manager JNE Banten Heri Herbowo, di Kantor LAZ Harfa Banten, Rabu (15/8).

SERANG – Bantuan dari masyarakat Banten yang dikumpulkan oleh Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Provinsi Banten untuk korban gempa bumi di Lombok disalurkan kemarin. Total bantuan berupa barang itu mencapai 3,11 ton yang disalurkan melalui jasa pengiriman JNE secara cuma-cuma.

Direktur LAZ Harfa Banten, Indah Prihanande mengatakan, kondisi terakhir korban gempa Lombok masih memprihatinkan. Karena gempa bumi tersebut belum ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah maka bantuan yang masuk pun masih terbatas.


“Kalau sudah ditetapkan sebagai bencana nasional maka bantuan akan cepat turun,” kata Indah saat prosesi simbolis pengiriman bantuan di kantor LAZ Harfa Provinsi Banten di Jalan Ciwaru Raya Kompleks Pondok Citra I Nomor 1, Kota Serang, Rabu (15/8).

Indah mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan LAZ Harfa di lokasi bencana yang paling dibutuhkan korban gempa adalah makanan dan pakaian. Karena itu bantuan yang diberikan adalah berupa barang.

Bahkan bantuan berupa uang yang diberikan masyarakat pun dibelikan barang-barang yang dibutuhkan. Sebab uang pun tidak bisa digunakan karena semua bangunan hancur.“Selain pakaian dan makanan kita juga berikan pembalut, terpal untuk membangun mushola sementara, bahkan perlengkapan bayi,” katanya.

Indah berharap dengan adanya musibah gempa masyarakat Banten lebih banyak bersyukur karena tidak mengalami musibah tersebut. Penggelangan dana dan bantuan akan terus dilakukan minimal sampai korban gempa pulih.


Ketua Yayasan Harapan Dhuafa Mulyadi Firdaus mengatakan bahwa masyarakat Banten tentu terenyuh membaca berita tentang korban gempa bumi di Lombok. Mereka tidur beratapkan langit dan beralaskan koran. Masyarakat Banten merasakan sakit saat melihat sesama saudara mereka bernasib demikian. Apalagi Rosulullah SAW bersabda bahwa bukan bahian dari golongan Muhammad orang yang tidak peduli pada saudara seiman.“Kita tidak hanya peduli pada saudara sesama muslim tapi juga sesama anak bangsa,” katanya.


Untuk itu LAZ Harfa menggalang bantuan korban bencana gempa Lombok. Antusiasme masyarakat ikut dalam gerakan ini luar biasa besar. Penggalangan ini tidak hanya berupa dana tetapi juga barang. Penggalangan bantaun ini akan terus dilakukan sampai dirasa cukup.“Insya allah bantuan ini akan tepat sasaran untuk korban bencana karena di Lombok sudah ada posko dan relawan LAZ Harfa,” ujarnya.

Branch Manager JNE Banten, Heri Herbowo mengungkapkan bahwa pengiriman bantuan korban bencana gempa berangkat dari Serang pukul 15.00. Perjalanan sampai ke Lombok diperkirakan akan memakan waktu 3 hari.

Setelah sampai pihaknya akan bekerjasama dengan JNE Mataram dan LAZ Harfa di sana untuk mendistribusikan bantaun dari warga Banten ini.“Kita memiliki 6 ribu cabang di Indonesia dan sama-sama menggalang bantuan untuk Lombok,” katanya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook