3.711 Narapidana Dapat Remisi

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Sabtu, 18 Agustus 2018 - 11:24:32 WIB   |  dibaca: 915 kali
3.711 Narapidana Dapat Remisi

LANSUNG BEBAS : Wagub Banten Andika Harumy memberikan SK remisi kepada warga binaan di Lapas Kelas III Cilegon, Kota Cilegon, Jumat (17/8).

CILEGON - Sebanyak 134 narapidana yang mendapat remisi HUT ke-73 Kemerdekaan RI langsung bebas, kemarin. Total napi yang mendapatkan potongan masa tahanan mencapai 3.711 orang. Jumlah napi yang ada di Banten sendiri mendapai 10.171 orang.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Sutrisman mengatakan, pemberian remisi atau potongan masa tahanan kepada narapidana di Banten saat ini sudah menggunakan sistem online. “Belum semua daerah menggunakan remisi online yang bisa langsung terpantau oleh Kemenkumham RI di Jakarta. Pemberian remisi lebih transparan dan jalur birokrasinya lebih singkat,” katanya saat pemberian remisi di Lapas Kelas III Cilegon usai Upacara Peringatan HUT ke-73 RI.

Sutrisman menambahkan, narapidana yang mendapat remisi yang selama menjalani tahanan berkelakuan baik. “Sebagian besar didominasi oleh narapidana atas kasus tindak pidana umum. Narapidana dengan kasus tertentu tidak juga tidak mendapat remisi. Yang masa tahanan kurang dari enam bulan juga tidak dapat remisi,” jelasnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, pemberian remisi bagi tahahan didasarkan pada Peraturan Menteri Kemenkumham Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi. Pemberian remisi bagi narapidana merupakan motivasi bagi narapidana yang berkelakuan baik.

“Kami berharap Warga binaan yang mendapat remisi bisa terus memperbaiki diri dan yang langsung bebas kehadirannya di tengah-tengah keluarga dan di tengah-tengah masyarakat bisa berguna bagi keluarga dan masyarakat,” kata Andika.

Andika mengatakan, semangat kemerdekaan diharap menjadi semangat baru para narapidana yang langsung bebas. Ia juga meminta para narapidana yang masih di dalam Lapas atau yang bebas untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. “Agar kehidupan kelamnya bisa jadi pelajaran. Apalgi di lapas banyak program pembinaan dan keterampilan yang didapat,” kata politisi Partai Golkar ini. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook