Layanan Cuci Darah Tunggu Persetujuan Pernefri

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 21 Agustus 2018 - 12:01:25 WIB   |  dibaca: 9391 kali
Layanan Cuci Darah Tunggu Persetujuan Pernefri

MENYAPA PASIEN : Direktur RSU Berkah Pandeglang Firmansyah menyapa orangtua salah satu pasien yang sedang menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD), kemarin.

PANDEGLANG - Rencana Rumah Sakit Umum (RSU) Berkah Kabupaten Pandeglang untuk menyediakan layanan cuci darah bagi pasien segera terwujud. Pasalnya, belum dioperasinya mesin cuci darah yang sudah disediakan rumah sakit masih menunggu rekomendasi dari Pernefri (Perkumpulan Nefrologi Indonesia).


Direktur RSU Berkah Pandeglang, dr Firmansyah membenarkan, belum dibukanya pelayanan alat cuci darah masih menunggu persetujuan dari Pernefri. Namun dia memastikan izin tersebut tahun ini bisa segera mendapatkan persetujuan. "Mesinnya sudah ada, kita tinggal tunggu rekomendasi dari Pernefri untuk mendapatkan izin membuka layanan hemodialisa. Semoga tidak lama lagi bisa keluar, kami ingin tahun ini izinnya sudah disetujui," ungkap Firman, Senin (20/8).


Untuk mengoptimalkan mesin tersebut, kata dia, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan, yakni menyedikan ruangan khusus hingga Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan sesuai permintaan yang direkomendasikan Pernefri. "Sudah kita siapkan semuanya, baik dokter hingga perawat pun sudah ada, supaya ketika mesin itu dioperasikan dapat membantu penanganan pasien, salah satunya dengan gangguan ginjal," terangnya.


Dijelaskannya, disediakannya alat cuci darah dalam rangka mempermudah masyarakat yang akan membersihkan zat darah melalui proses penyaringan di luar tubuh. Sebab, hingga saat ini pasien yang akan melakukan kegiatan tersebut harus pergi keluar daerah. "Pasien cuci darah selama ini masih ke Serang. Nanti, dengan dioperasikan mesin ini pasien tidak lagi harus pergi ke sana (Serang), cukup ke sini (RSU-red)," jelasnya.


Kabid Penunjang Medis RSU Berkah Pandeglang, dr Edwin Afrian mengharapkan setelah mesin cuci darah beroperasi dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik, karena mesin tersebut sebagai terobosan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pasien agar tidak lagi pergi keluar daerah ketika akan melakukan cuci darah. "Dengan hadirnya alat cuci darah masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke rumah sakit lain dan bisa datang kesini (RSU-red)," ungkapnya. (yanadi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook