Sistem Antrean Disdukcapil Semerawut

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 28 Agustus 2018 - 13:28:48 WIB   |  dibaca: 228 kali
Sistem Antrean Disdukcapil Semerawut

BEREBUT : Warga berkumpul memperebutkan nomor antrean yang dibagikan anggota Satpol PP di kantor Disdukcapil Pandeglang, Senin (27/8).

PANDEGLANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang mulai memberlakukan nomor antrean bagi warga yang akan mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk). Namun, nomor antrean tidak dibagikan secara berurutan berdasarkan kedatangan warga, sehingga sistem anteran itu semerawut.


Pantauan Banten Raya di Kantor Disdukcapil Pandeglang, Senin (27/8), puluhan warga yang akan mengurus adminduk harus berebut dan berdesak-desakan demi mendapatkan nomor antrean yang dibagikan petugas Satpol PP. Tidak hanya di dalam kantor, aksi berebut nomor antrean juga terjadi di luar.


Salah seorang warga, Azis, membenarkan telah terjadi saling dorong dengan warga karena berebut untuk mendapatkan nomor antrean. “Iya, pada gak tertib, semua orang pada saling berdorongan. Kalau gak begitu, takut gak kebagian nomor antrean," kata warga asal Kecamatan Saketi ini ditemui saat akan membuat kartu keluarga (KK) di Kantor Disdukcapil Pandeglang.


Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Saprudin menjelaskan, telah memberlakukan nomor antrean bagi warga yang akan mengurus adminduk. Diberlakukannya nomor itu agar di loket pelayanan tidak terjadinya penumpukan. "Tujuannya untuk ketertiban pendaftaran, dan kami berharap terciptanya budaya antre demi kenyamanan pemohon dalam mengurus dokumen kependudukan," jelasnya.


Menurutnya, dengan diterapkannya nomor antrean harapannya dapat mempermudah pegawainya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, nomor antrean dapat mempermudah warga dalam mengurus adminduk. "Warga tinggal datang ke sini (Disdukcapil) mengambil nomor antrean, tinggal menunggu dan nantinya dipanggil petugas di tempat duduk yang telah disediakan," ungkapnya.


Saprudin mengharapakan, nomor antrean dapat memberikan ruang dan waktu yang lebih luas bagi warga karena waktu pelayanan lebih cepat. "Manfaat yang diharapkan dari nomor antrean warga yang mengurus adminduk mendapatkan kepastian waktu pelayanan, sehingga pemohon dapat lebih efektif dan tidak perlu mengantre cukup lama sesuai nomor yang diambilnya,” harapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook