Unbaja Dorong Gerakan Literasi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:21:25 WIB   |  dibaca: 472 kali
Unbaja Dorong Gerakan Literasi

LITERASI : Kania Kepala Perpustakaan Unbaja sedang merapikan sejumlah koleksi buku di ruang kerjanya, kemarin.

SERANG – Di zaman yang serba teknologi ini, mestinya diimbangi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya generasi muda yang membutuhkan asupan pengetahuan dalam upaya menyiapkan masa depan.


Kepala Perpustakaan Universitas Banten Jaya (Unbaja) Kania  mengatakan, dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM, diperlukan gerakan literasi yang istiqomah. “Minat membaca mahasiswa hari ini tinggi, ini dibuktikan dari tingkat keaktifan pada media sosial (medsos). Namun, minat membaca dalam arti memenuhi kebutuhan pengetahuan masih membutukan proses,” katanya, Senin (27/8).


Semangat literasi mahasiswa saat ini, kata Kania, dalam berkunjung ke perpustakaan hanya ketika mendapatkan tugas dari dosen atau ketika ada kewajiban dari kampus. Dan selebihnya, mahasiswa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhirnya (skrpsi).


“Melihat kondisi seperti ini, menjadi tantangan bagi semua pihak untuk menciptakan pembiasaan untuk merangsang minat membaca mahasiswa. Ketika sudah merasa tertarik pada dunia literasi, akan timbul kesadaran dan terbiasa membaca untuk kebutuhan pengetahuan dan menambah wawasan informasi,” ungkapnya.


Di Banten, Kania menuturkan, gerakan literasinya sudah bagus. Bahkan sudah banyak berkembang juga taman baca masyarakat (TBM). Perpustakaan keliling dan perpustakaan yang sudah menyebar ke desa-desa.


“Ini hal positif yang harus ditingkatkan dan didukung. Pada saat mahaiswa Unbaja melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), juga turut bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten dalam membumikan gerakan literasi di masyarakat,” pungkas Dosen Unbaja ini. (mg-basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook