Rini Berharap 2019 Dermaga Eksekutif Tuntas

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 30 Agustus 2018 - 12:34:11 WIB   |  dibaca: 197 kali
Rini Berharap 2019 Dermaga Eksekutif Tuntas

TINJAU DERMAGA : Menteri BUMN RI Rini Soemarno didampingi oleh pejabat tinggi Kementerian BUMN dan PT ASDP Indonesia Ferry saat meninjau pembangunan dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Rabu (29/8).

CILEGON - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia (RI) Rini Soemarno mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Merak, Rabu (29/8) pagi. Kunjungan tersebut hanya berlangsung sekitar 30 menit saja sebelum Ia menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni guna meninjau pembanguna Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Rini tiba di Pelabuhan Merak sekitar pukul 07.30 WIB, seteleh meninjau pembangunan dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dan memberikan sambutan sebelum melakukan Ekspedisi Tembus Tol Sumatera yang dimulai dari Pelabuhan Merak. Di dermaga VI Pelabuhan Merak, Rini menyeberang ke Bakauheni menumpang kapal milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry untuk melanjutkan perjalan darat ke Palembang melalui JTTS.

Menteri BUMN RI Rini Soemarno berharap, pada awal 2019 dermaga eksekutif Pelabuhan Merak bisa selesai dibangun. Dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak dan Bakauheni dianggap penting guna meningkatkan mobilitas warga dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya. "Nanti dari Pelabuhan Bakauheni akan tersambung langsung dengan JTTS sampai ke Palembang," katanya, kemarin.


Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, lanjut Rini, sedianya selesai pada 2018 ini guna menunjang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Namun, sampai saat ini masih belum selesai. "Seperti JTTS juga sedikit terlambat, karena pembangunan baru dimulai pada akhir kwartal pertama 2015. Pada 2014 lalu, tender JTTS gagal lelang, kendala pembebasan lahan dan lainnya. Sehingga saat ini juga belum selesai pembangunannya," ujarnya.

Rini menjelaskan, jika dua proyek pemerintah pusat yaitu Dermaga eksekutif dan JTTS tuntas, maka mobilitas warga yang menggunakan pelabuhan semakin tinggi. Apalagi, saat ini dibarengi juga dengan peningkatan jumlah kendaraan pribadi. "Pembangunan baik dermaga eksekutif dan JTTS ityu sinergitas dari BUMN," jelasnya.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengakui jika pembangunan dermaga eksekutif sedikit mundur penyelesaiannya. Awalnya memang dermaga tersebut ditarget bisa selesai saat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. "Kita target akhir tahun ini bisa selesai, sesuai keinginan Bu Menteri (Rini Soemarno -red) agar tahun depan bisa difungsikan," akunya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook