Posco Rehab 125 Rumah Tahan Gempa

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:01:48 WIB   |  dibaca: 199 kali
Posco Rehab 125 Rumah Tahan Gempa

FOTO BERSAMA : Pejabat PT KS Posco, Habitat for Humanity Indonesia, Posco dan dua sosial Posco foto bersama saat penyerahan bantuan rumah, Kamis (30/8).

CILEGON - Posco yang merupakan perusahaan asal Korea melakukan renovasi atau rehan 100 rumah warga Ciwandan dan 25 pembangunan rumah. Program Corporate Social Responsibility (CSR) Posco disalurkan ke warga Ciwandan mengingat POSCO mempunyai anak perusahaan atas hasil kerjasama dengan PT Krakatau Steel (KS) yang lokasinya berada di Ciwandan yaitu PT Krakatau Posco.

Direktur Human Resoruces dan General Affair PT Krakatau Posco Andi Soko mengatakan, renovasi 100 rumah dan pembangunan 25 milik warga Ciwandan dilakukan di empat kelurahan yaitu Kelurahan Banjarnegara, Kubangsari, Tegal Ratu, dan Samangraya. "100 rumah yang direnovasi merupakan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) yang pemilihannya dilakukan atas kerjasam Krakatau Posco dengan Pemerintah Kecamatan Ciwandan dan empat kelurahan tersebut," Andi Soko saat konfrensi pers di Kubangsari, Kamis (30/8).


Menurut Andi, renovasi rumah tersebut merupakan hasil dari penyisihan satu persen gaji para pegawai POSCO Korea. Dalam pelaksanaan renovasi rumah, POSCObekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia yang merupakan salah satu lembaga sosial. "Program ini berjalan selama tiga tahun yaitu 2018, 2019, dan 2020," tuturnya.


Dijelaskan Andi, dalam renovasi rumah milik warga Ciwandan, Posco yang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia juga dibantu 50 relawan dari Indonesia dan Korea Selatan (Korsel). Selain pembangunan 25 rumah baru, renovasi 100 rumah, juga ada perbaikan 150 toilet rumah. "Rumah yang dienovasi dan dibangun itu memenuhi standarisasi tahan gempa didukung dengan material baja dari Krakatau Posco," jelasnya.

Program CSR Posco, tambah Andi, juga akan berlanjut dengan perbaikan tiga sekolah, pembangunan dua toilet komunal, dua unit fasilitas air bersih untuk sanitasiserta fasilitas pengelolaan sampah. "Sekitar 780 warga Clegon juga akan menerima pelatihan tentang air, sanitasi dan kebersihan, penghasil pendapatan dan juga pengelolaan sampah dan limbah," tambahnya.


Direktur Ad Interim Habitan for Humanity Indonesia James Tambunan mengatakan, sebagai bagian dari organisasi kemanusian yang sudah terdaftar sejak tahun 1997 pihaknya mengaku turut bangga dapat berpartisipasi dalam event sosial tersebut.


"Pembangunan rumah ini berdasarkan apa yang ada di masyarakat dan dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Dengan supervisor kami, akan mengajarkan tukang dan masyarakat bagaimana membangun rumah yang layak dan tahan gempa. Pemilik rumah tahu berapa budgetnya, dan apa yang akan dia terima," katanya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook