Tokoh Agama Dilibatkan Tanggulangi Bahaya HIV/AIDS

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:45:24 WIB   |  dibaca: 134 kali
Tokoh Agama Dilibatkan Tanggulangi Bahaya HIV/AIDS

BIMTEK : Pemilik IKM mengikuti bimtek penyuluhan keamanan pangan yang digelar Disperindag Kota Tangsel, kemarin.

KAB. TANGERANG - Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang menggandeng puluhan tokoh agama untuk Penanggulangan HIV AIDS di wilayah Kabupaten Tangerang. Workshop ini diselengrakan di Ruang Rapat Bola Sundul, Gedung Usaha Daerah, Puspemkab Tangerang, kemarin (28/8).


Sekda Pemkab Pandeglang yang juga ketua KPA Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid menjelaskan, penanganan HIV AIDS bukan hanya permasalahan kesehatan semata agar penularan pernyakit tersebut tidak terlalu signifikan di wilayah Kabupaten Tangerang yang sebagian masyarakatnya kaum urban."Kita butuh penanganan moralitas generasi muda, makanya tokoh agama kita gandeng agar bisa menyosialisasikan hingga masyarakat paling bawah," ungkap sekda seusai membuka workshop.


Sekda menjelaskan, penyebaran bukan hanya jarum suntik semata, tetapi ada juga sendi-sendi moralitas kalangan muda yang harus diperbaiki akibat pergaulan bebas dan seks sesama jenis. "Kita terus tingkatkan penanggulangan dengan pencegahan, mulai sosialisasi hingga media dakwah tokoh agama. Kita dorong memberikan pemahaman akan bahaya HIV AIDS. Ini bagian dari langkah kita dalam pencegahan, mulai dari tokoh agama hingga membentuk elemen masyarakat peduli HIV AIDS di setiap wilayah kecamatan," tegasnya.


Pendekatan agama merupakan strategi yang baik untuk penanggulanganHIV AIDS. Merevitalisasi peran agama sebagai pedoman hidup, termasuk hubungan antar manusia. Untuk itu tokoh agama dan tokoh masyarakat sangan sentral di tingkat desa atau kecamatan menempati posisi yang strategis karena mereka hidup sehari-hari bersama masyarakat.


"Sangat tepat kami dilibatkan, langsung menyentuh ke kalangan bawah sekaligus membangun sendi-sendi moralitas bangsa, yang selama ini terkikis oleh kemajuan teknologi yang tanpa batas," tutup Nuralam, salah sato tokoh agama. (*/marjuki)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook