Dorong Petani Manfaatkan Lahan Kering

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:47:41 WIB   |  dibaca: 229 kali
Dorong Petani Manfaatkan Lahan Kering

SOSIALISASI : Para petani dari Desa Kibin dan Kragilan mengikuti pelatihan dan sosialisasi yang digelar Distan Kabupaten Serang, Kamis (30/8).

SERANG - Normalisasi Irigasi Pamarayan membuat para petani di Serang  timur dan Serang utara kesulitan mendapatkan suplai air untuk membasahi sawah-sawah mereka. Akibatnya sawah menjadi tidak produktif.

Siang itu sekitar pukul 10.00 WIB, puluhan petani dari Kecamatan Kibin dan Kecamatan Kragilan berkumpul di kantor unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Kragilan. Kehadiran petani tersebut untuk mengikuti pelatihan optimalisasi produksi padi dan kegiatan social action plan daerah aliran sungai (DAS) Ciujung, yang digelar Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang.

Pada kesempatan itu, distan menghadirkan konsultan pertanian untuk memberikan sosialisasi kepada para petani agar bisa memanfaatkan lahan pertanian yang saat ini kondisinya mengalami kekeringan. “Dampak dari normalisasi irigasi Pamarayan para petani kesulitan mendapatkan pasokan air,” ujar konsultan pertanian Ikmaludin, Kamis (30/8).

Kondisi tersebut, menurut Ikmal tidak bisa dibiarkan, sehingga perlu adanya optimalisasi lahan yang tidak mendapatkan pasokan air tersebut agar menjadi produktif. “Selama ini petani masih memanfaatkan sawahnya hanya untuk menanam padi dua sampai tiga kali dalam setahun. Makanya kita tawarkan kepada petani untuk menanam tanaman lain,” katanya.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tingkat akhir itu menuturkan, ada beberapa tanaman yang relatif tidak banyak membutuhkan air seperti kacang panjang, kedelai, jagung dan beberapa tanaman lain. “Kita mendorong para petani agar menanam tanaman alternatif selain padi. Ini baru sosialisasi awal tapi sambutan petani cukup bagus,” ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi tersebut, ke depan tidak ada lagi lahan yang menganggur karena kurang mendapat pasokan air. “Lahan kering kan bukan hanya karena adanya kegiatan normalisasi irigasi, tetapi juga akibat kemarau yang hampir tiap tahun terjadi. Tentunya ini perlu ada inovasi dari para petani agar lahan mereka tetap menghasilkan ekonomi,” tuturnya.(TANJUNG)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

tutero
tutero
01 Maret 2019 - 14:34:56 WIB

Сейчас телефон есть у каждого! А вы в курсе, что возможно бесплатно скачать Tutu Helper, в котором есть миллионы бесплатных программ и игр для Андроида и Айфона? Игры по типу покемон Го, Clash Royale и другие доступны бесплатно! Детали на сайте [url=https://tutuap.ru]tutuap.ru[/url]. Скачивайте TutuApp и наслаждайтесь свободой выбора!

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook