Siswa SDIT Raudhatul Jannah Raih Juara I di FLS2N 2018, Harumkan Nama Banten di Kancah Nasional

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 03 September 2018 - 09:11:27 WIB   |  dibaca: 688 kali
Siswa SDIT Raudhatul Jannah Raih Juara I di FLS2N 2018, Harumkan Nama Banten di Kancah Nasional

RAIH JUARA - Irdina Nurul Izmi (dua dari kanan) menunjukan piala juara bersama pembimbingnya Nunung Solihat (kanan), Kepala SDIT Raudhatul Jannah Cilegon Pamuji (kiri) dan perwakilan yayasan.

CILEGON - Irdina Nurul Izmi, siswa kelas VI SD Islam Terpadu (IT) Raudhatul Jannah Cilegon berhasil menorehkan prestasi di ajang Festival Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N) 2018 jenjang SD, SMP, Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK/LK) yang berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 26 Agustus-1 September lalu.
Ina, demikian Irdina Nurul Izmi akrab disapa, merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara pasangan Eris Susandhi dan Emi Resmiati.

Ina berhasil menjadi yang terbaik dalam kategori lomba gambar bercerita. Dia berhasil mengungguli 33 peserta lainnya yang berasal dari sekolah terbaik di Indonesia. Melalui hasil karyanya, Ina mampu memukau para juri sehingga meraih poin penilaian tertinggi. "Perlombaan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, saya membuat gambar hitam putih dengan teknik arsir. Tema yang saya pilih 'Aku Bergotong-royong Mempersiapkan Karnaval Seni Budaya Nusantara'. Gambar itu harus saya selesaikan  dalam waktu 6 jam. Di hari kedua, saya bikin gambar bercerita penuh warna dengan tema 'Aku dan Teman-teman Membantu Korban Bencana Alam'. Alhamdulillah, saya berhasil jadi juara," ujar Ina bercerita dengan bangga.


Ina mengatakan, perjuangan menjadi juara lomba di FLS2N 2018 tidaklah mudah. Dirinya mengaku selalu mengasah kemampuannya dengan tekun berlatih selama dua tahun terakhir. "Selama dua tahun itu saya didampingi guru pembimbing selalu berlatih dan mencoba ikut berbagai perlombaan di tingkat kecamatan, kota dan juga tingkat provinsi. Alhamdulillah, saya berhasil memberikan yang terbaik untuk sekolah. Di tingkat provinsi saya berhasil meraih juara pertama sehingga diberi kesempatan untuk mewakili Provinsi Banten lomba ke tingkat nasional dan Alhamdulillah bisa juara," katanya kepada Banten Raya.


Nunung Solihat,S.Pd, guru yang mendampingi Ina di FLS2N mengatakan, saat lomba di Bangka Belitung, anak didiknya diakui memiliki mental berlomba yang cukup matang. "Alhamdulillah, Ina sangat luar biasa. Mungkin karena Ina sudah biasa mengikuti berbagai lomba. Padahal saat lomba, panitia memberitahukan tema yang akan digambar dengan sangat mendadak. Jadi peserta sebelumnya tidak tahu tema gambar yang akan dilombakan tapi Ina bisa mengatasinya dengan sangat baik. Ina membuktikannya dengan mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah, Kota Cilegon dan Provinsi Banten," ujar guru kelas III yang mendapat mandat membina Binpres menggambar di sekolahnya.


Nunung mengaku menemukan bakat terpendam dalam sosok Ina sejak anak didiknya ini duduk di bangku kelas III. "Ina waktu itu baru mengikuti ekstrakulikuler menggambar. Saya lihat anak ini punya bakat. Makanya saya minta Ina masuk Binpres menggambar untuk berlatih dan mengembangkan imajinasinya. Saya bimbing Ina untuk ikut dalam berbagai perlombaan mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi. Alhamdulillah Ina menunjukkan progres yang sangat baik. Selama dua tahun lebih, bakat yang dimiliki Ina mulai terasah dan membuahkan prestasi yang membanggakan semua orang termasuk saya sebagai guru pembimbing," paparnya dengan wajah haru.


Kepala SDIT Raudhatul Jannah Cilegon Pamuji mengungkapkan sosok Ina merupakan siswa yang rajin dan mampu mengatur waktu belajarnya dengan baik. "Selama melakukan persiapan lomba tingkat nasional itu, kami pihak sekolah memberikan kelonggaran buat Ina dalam hal jam belajar karena Ina selalu berlatih menggambar di sekolah setiap hari. Tapi yang membuat saya sangat bangga, Ina tidak mengesampingkan tugasnya sebagai pelajar. Ina berhasil mengejar ketertinggalannya dalam hal akademik. Materi pembelajaran tambahan dari guru mampu diikuti dengan baik sehingga prestasi akademiknya juga tidak tertinggal. Dia anak yang rajin dan cerdas," jelasnya.


Pamuji mengatakan, pihak sekolah sangat mendukung dalam hal perkembangan prestasi peserta didiknya. "Selain didukung penuh oleh keluarganya di rumah. Kami sebagai keluarganya di sekolah juga sangat mendukung kesuksesan Ina. Saya, pengurus yayasan, komite, guru, karyawan, dan teman-teman Ina di sekolah dan para orangtua murid terus memberikan dukungan dan doa saat Ina lomba. Kami juga memotivasi Ina melalui berbagai video yang mampu menaikan kepercayaan dirinya dengan harapan agar mentalnya semakin baik sehingga Ina mampu menampilkan karya yang terbaik," ungkapnya.


Pamuji menilai prestasi Ina sebagai sejarah karena kemenangan yang dipersembahkan Ina sebagai juara I merupakan yang pertama kalinya bagi SDIT Raudhatul Jannah di ajang FLS2N tingkat nasional, sebelumnya hanya mendapatkan perak atau perunggu. "Semoga torehan prestasi yang diberikan Ina mampu menjadi motivasi untuk anak-anak lainnya agar terus berjuang dan berprestasi menggapai mimpi. Saya yakin semua siswa itu bintang dan mampu, yang penting rajin belajar dan terus berusaha," tuturnya.


Atas prestasi anak didiknya tersebut, Pamuji menyampaikan terimakasih kepada pengurus Yayasan Raudhatul Jannah, komite sekolah, seluruh dewan guru, orangtua murid, pengawas sekolah, UPTD Kecamatan Cibeber dan Dinas Pendidikan Kota Cilegon yang telah membantu serta mendukung Irdina. (danang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook