Lomba Mancing, Rio Dapatkan Ikan 32 Kilogram

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 03 September 2018 - 12:29:23 WIB   |  dibaca: 501 kali
Lomba Mancing, Rio Dapatkan Ikan 32 Kilogram

MERIAH : Puluhan perahu yang sudah dihias memeriahkan kegaiatan Lomba Mancing Selat Sunda, di Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyer, Minggu (2/9).

SERANG – Sebanyak 400 pemancing dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur meramaikan Lomba Mancing Selat Sunda di Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyer. Lomba mancing digelar sebagai rangkaian dari Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2018. Selain itu, ribuan warga juga meramaikan kegiatan tahunan tersebut.


Pantauan di lokasi, Lomba Mancing Selat Sunda dibagi menjadi 39 kelompok masing-masing menggunakan satu perahu yang disebar ke beberapa tempat yang telah ditentukan panitia. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.15 WIB sampai dengan 15.00 WIB itu dilepas langsung oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.


Pandji mengatakan, Kabupaten Serang mempunyai potensi laut yang menjadi kekuatan ekonomi. Salah satu upaya untuk menggerakan ekonomi sektor kelautan tersebut melalui kegiatan lomba mancing. “Lomba mancing AKCF ini kami dorong menjadi agenda tahunan. Ini potensi wisata yang sangat luar biasa. Kemudian kita mempunyai panjang pantai sekitar 60 kilometer untuk mendukung kegiatan ini,” ujarnya.


Ia mengapresiasi antusias peserta yang berasal dari sejumlah daerah luar Banten. Ia berharap, para peserta dari luar daerah ikut mempromosikan AKCF serta potensi wisata yang ada di Kabupaten Serang. “Kami tidak hanya sekadar menggelar lomba mancing, tetapi juga disisipi dengan misi menjaga laut. Kita semua harus menjaga laut kita,” katanya.


Pandji berharap melalui lomba mancing tersebut, dapat menjadi energi semangat bagi para nelayan sebagai pewaris bahari, sehingga mereka tetap mencintai profesinya dan tidak berfikir untuk beralih profesi. “Kami berharap melalui kegiatan lomba mancing ini para nelayan lebih berdaya lagi karena keberadaan mereka diakui oleh kita,” tuturnya.


Ketua Pelaksana AKCF Agus Erwana menuturkan, beberapa event rangkaian AKCF telah dilakukan  seperti Ngagurah Dano dan beberapa rangkaian akan digelar bulan ini. “Anyer memiliki potensi wisata yang besar dan melalui event ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan, baik dalam dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.


Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Heri Azhari mengapresiasi pelaksanaan AKCF, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut pariwisata di Kabupaten Serang menjadi terangkat. “Kegiatan lomba mancing AKCF ini sangat berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Kami berharap pelaksanaan AKCF ini dilaksanakan di bulan yang sama setiap tahunnya agar wisatawan mudah mengingatnya,” ujarnya.


Sementara itu, pemenang lomba mancing kategori hobi diperoleh oleh Rio yang mendapatkan ikan kue mangnyun dengan berat 32 kg, kategori katir didapatkan Mad Isa jenis ikan ayam-ayam 3,15 kg, kategori nelayan motor diperoleh Eng Kan jenis ikan Lapeh berat 0,80 ons. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook