Guru PAUD Minta Honor Ditambah

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 04 September 2018 - 13:52:05 WIB   |  dibaca: 245 kali
Guru PAUD Minta Honor Ditambah

TINGKATKAN KUALITAS: Diklat yang diselenggarkan oleh HIMPAUDI bekerjasama dengan Dindik Kota Cilegon untuk meningkatkan kualitas guru PAUD, Senin (3/9).

CILEGON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas guru, termasuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan kualitas yang terus digenjot, guru PAUD juga meminta agar honor guru PAUD ditambah.

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon bekerjasama Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) menggelar Diklat Guru Pendamping Muda Berjenjang tingkat Dasar Pendidikan PAUD. Acara yang dilaksanakan di salah satu restoran di Kota Cilegon tersebut, diikuti sekitar 80 guru PAUD di Kota Cilegon, Senin (3/9).

Wakil Ketua HIMPAUDI Kota Cilegon Ika Agustiah mengatakan, peningkatan kualitas dilakukan agar para guru bisa memenuhi tantangan perkembangan zaman. "Cara untuk meningkatkannya ya sederhana saja. Misalnya, melalui pembiasaan literasi dan sikap positif melalui penguatan pendidikan karakter," katanya kepada Banten Raya, kemarin.


Ika menjelaskan, undang-undang mengamanatkan agar kualitas guru KB, PAUD, dan TK terus meningkat. "Kami butuh para guru yang kompeten. Kami juga perlu mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, sehat, dan memenuhi standar," jelasnya.

Ika menegaskan, guru PAUD memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan pola pikir anak. Sebab, guru PAUD menjadi salah satu komponen utama dalam pendidikan anak. "Selain ibu kandung dan lingkungan sekitar, guru PAUD berperan penting dalam membentuk karakter anak," tegasnya.Untuk itu, Ika menegaskan, peningkatan kompetensi guru PAUD mutlak diperlukan. "Sehingga tercipta lingkungan yang baik, pengawasan yang ideal serta pembelajaran yang menyenangkan," tegasnya.


Menurut Ika, Diklat tersebut diikuti sekitar 80 guru PAUD lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Jumlah guru PAUD di Kota Cilegon sekitar 800, sementara sekitar 235 merupakan lulusan SMA yang perlu mengikuti Diklat untuk meningkatkan kualitas. "Diklat ini lima hari Senin (3/9) sampai Jumat (7/9). Setelah mengikuti Diklat ini, kami berharap kualitas meningkat dalam menyampaikan materi kepada anak-anak," tuturnya.


Peserta Diklat Jatra Nurhayati mengatakan, Ia sangat bersyukur dengan adanya diklat yang diberikan. Ia berharap, selain kualitas guru PAUD yang terus ditingkatkan, honor bagi guru PAUD juga bertambah. Agar, motivasi kerja semakin bertambah. "Diklat ini sangat penting, manfaatnya juga penting untuk penyampaian materi ke anak-anak nantinya.

Selain peningkatan kualitas, kami juga berharap adanya peningkatan honor dari pemerintah. Saat ini dari Pemkot Cilegon sudah terima per bulan Rp 300 ribu, inginya sih ditambah. Selain honor dari pemerintah kami juga terima honor dari sekolah, tapi itu masing-masing sekolah biasanya berbeda," kata guru di PAUD Talenta Cibeber. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook