UPT Kecamatan Walantaka Sabet Juara

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 04 September 2018 - 15:33:16 WIB   |  dibaca: 322 kali
UPT Kecamatan Walantaka Sabet Juara

PADUAN SUARA : Salah satu tim paduan suara beraksi saat lomba paduan suara tingkat SD dan SMK di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (3/9).

SERANG- UPT Pendidikan Kecamatan Walantaka menyabet gelar juara 1 dalam perlombaan paduan suara tingkat SD. Sementara untuk tingkat SMP, adalah SMP Negeri 9 Kota Serang yang keluar sebagai juara 1.Kepala Seksi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Erni Nuswantari mengatakan bahwa juara 1 lomba paduan suara tingkat SD diraih UPT Pendidikan Kecamatan Walantaka mendapat nilai 753 saat lomba kemarin.

Adapun juara 2 diraih UPT Pendidikan Kecamatan Cipocok Jaya dengan nilai 710. Sementara juara 3 diraih UPT Pendidikan Kecamatan Taktakan dengan nilai 654.“Untuk tingkat SD juara 1 diraih SMP Negeri 9 Kota Serang dengan nilai 768, juara 2 diraih SMP Negeri 10 Kota Serang dengan nilai 764, dan juara 3 diraih SMP Negeri 2 Kota Serang dengan nilai 697,” kata Erni yang ditemui usai acara di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin (3/9).

Erni mengatakan bahwa lomba paduan suara tingkat SD dan SMP masih bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-11 Kota Serang. Lomba paduan suara dibagi 2 hari. Hari pertama dilakukan pada Sabtu (1/9) untuk tingkat SMA/SMK, dan perguruan tinggi. Pada hari kedua ini lomba diperuntukkan bagi satuan pendidikan tingkat SD dan SMP.


Erni menuturkan bahwa perlombaan paduan suara tingkat SD hanya diikuti oleh perwakilan tiap UPT pendidikan bukan perwakilan SD di Kota Serang. Perbedaan dengan lomba tingkat lain adalah lagu yang dibawakan hanya lagu “Kota Serang Madani". Hal ini berbeda dengan lomba tingkat SMA dan perguruan tinggi lalu yang mengharuskan peserta membawakan lagu “Kota Serang Madani” dan satu lagu nasional yang bebas dipilih."Ini juga untuk mempersingkat waktu," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dipilihnya lagu Kota Serang Madani sebagai laju wajib yang harus dinyanyikan karena agar pelajar mampu mengenal lagu milik Kota Serang yang diciptakan oleh Kabid Kebudayaan Disdukbud Kota Serang Evie Sofiyah Usman itu.

Pelajar pelajar juga diharapkan mampu mengembangkan kesenian, khususnya pada seni tarik suara."Intinya supaya mereka lebih mengembangkan di bidang kesenian dan mengenal bahwa Kota Serang ini juga memiliki lagu sendiri yaitu lagu 'Kota Serang Madani'," ujarnya.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Serang Evie Shofiyah Usman mengatakan bahwa lomba paduan suara digelar sebagai ajang silaturahmi antar peserta dan masyarakat Kota Serang. Ajang ini juga diharapkan dapat menggali potensi atau hobi para pelajar dalam bidang seni tarik suara dan musik.


“Lomba ini juga bertujuan membangun karakter siswa seperti memiliki tanggung jawab, disiplin, dan lain sebagainya,” katanya seraya mengungkapkan bahwa juri dalam lomba ini adalah para tenaga profesional yang berasal dari Sanggar Gema Katulistiwa, Xico Studio Vocal, dan UPI Bandung. "Para juara lomba akan mendapatkan piala dan uang pembinaan". (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook