Kampung KB Jagarayu Jadi Percontohan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 04 September 2018 - 15:38:28 WIB   |  dibaca: 546 kali
Kampung KB Jagarayu Jadi Percontohan

PERCONTOHAN : Suasana penilaian Kampung KB di Kampung Jagarayu, Cipocok Jaya, Selasa (3/9).

SERANG- Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kampung Jagarayu, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya, menjadi Kampung KB percontohan di Kota Serang. Kampung itu pun diajukan dalam penilaian Kampung KB tingkat Provinsi Banten.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PMPKB) Kota Serang Kosasih mengatakan bahwa dalam kegiatan monitoring sekaligus penilaian Kampung KB kemarin tim penilai dari Provinsi Banten mendatangi Kampung KB Jagarayu. Kampung ini dipilih karena ada kemajuan yang dicapai setelah ditetapkan sebagai Kampung KB pada tahun 2017 lalu.“Ternyata ada peningkatan akseptor aktif di Jagarayu setelah ditetapkan menjadi Kampung KB,” ujar Kosasih di sela penilaian, Selasa (3/9).


Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penilai dan perwakilan BKKBN Provinsi Banten Yeti Rismayati.Kosasih mengungkapkan bahwa peserta KB di Jagarayu semula pada tahun 2017 baru mencapai 207 orang.

Namun jumlah itu meningkat pada tahun 2018 sampai dengan Agustus mencapai 220 orang. Selain itu peningkatan juga terjadi pada ranah lain seperti terkait kebersihan, pelayanan kesehatan, air bersih, ruang terbuka hijau, persoalan sampah, dan lainnya. “Kampung KB bukan hanya soal kontrasepsi, tetapi juga tentang kesehatan, ruang terbuka hijau, bahkan ekonomi,” katanya.

Kosasih berkeinginan agar warga yang kampungnya ditetapkan sebagai Kampung KB membuat warga di sana sejahtera. Sebab tujuan dari KB adalah kesejahteraan warganya. Ia juga ingin agar ada Kampung KB baru yang dibentuk agar semakin banyak warga yang sejahtera.

Kepala Seksi Penggerakan PLKB dan Kader KB pada DP3AKB Kota Serang Imas Khotimah mengatakan bahwa alasan mengapa Kampung KB Jagarayu diajukan sebagai Kampung KB yang dinilai oleh Provinsi Banten itu karena kampung tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan enam Kampung KB lain di Kota Serang.Dari sisi administrasi, kekompakan warga, dan lainnya dinilai lebih baik dibandingkan dengan yang lain.“Dari indikator-indikator yang dipilih Kampung KB Jagarayu sudah memenuhi 90 persennya,” ujarnya.

Indikator-indikator yang sudah ada itu adalah kelompok BKB, BKR, BKL, PIK Remaja, dan Kelompok UPPKS. Terkait pembentukan Kampung KB baru di daerah lain, Imas mengatakan bahwa khusus untuk tahun 2018 BKKBN tidak menganggarkan pembentukan Kampung KB di daerah-daerah kota. Pembentukan Kampung KB baru hanya diberikan di daerah yang masih berstatus kabupaten. Sementara untuk daerah kota yang dikedepankan adalah pembinaan pada Kampung KB yang sudah ada. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook