Batik Banten Laris Manis

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 04 September 2018 - 15:44:35 WIB   |  dibaca: 404 kali
Batik Banten Laris Manis

BATIK BANTEN : Pengunjung Kota Serang Fair 2018 (kanan) melihat batik Banten yang dijual di stand Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang, Senin (3/9).

SERANG- Penjualan batik Banten di stand Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang selama perhelatan Kota Serang Fair 2018 yang berlangsung di Alun-Alun Kota Serang, mulai Kamis (30/8) sampai Senin (3/9), laris manis dibeli warga. Batik yang dijual pada stand Disparpora bekerjasama dengan Griya Batik Banten.


Pegawai Bagian Pemasaran Batik Banten pada Griya Batik Banten Rustandi mengatakan, pemasukan rata-rata dari hasil penjualan batik Banten mencapai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per hari. Jika dikali 5 hari selama penyelenggaraan Kota Serang Fair 2018 , maka omset tersebut mencapai di atas Rp 10 juta. “Batik Banten ini perlu dikenalkan kepada masyarakat sebagai sebuah rekonstruksi sejarah,” katanya.


Batik Banten, kata Rustandi, merupakan karya yang berangkat dari kearifan lokal dalam rangka mengangkat keberadaan Keraton Banten. “Bak intan terpendam, kini muncul hias artefak terwengkal dalam fenomena menarik untuk bekal karya cipta anak cucu di tanah Banten. Ragam hias benda kuno itu lah yang menjadi inspirasi pada berbagai artefak terwengkel direkontruksi para arkeolog, telah ditransformasi ke media kain katun dan sutra yang disebut Batik Banten,” ujarnya.


Batik Banten adalah sebuah rekonstruksi sejarah pesona kain batik yang dapat bercerita tetang budaya Banten bermakan intelektual. Menurutnya, meski batik Banten ini penuh dengan nilai filosofi, sejarah, dan kebudayaan, tetapi dihadirkan dengan harga terjangkau dengan bahan yang berkualitas. Harga jualnya berada pada kisaran mulai dari Rp 130 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung bahan yang digunakan. "Mulai dari bahan katun hingga bahan sutra, tersedia,” ujar Rustandi.


Menurutnya, motif batik Banten sangat beragam, mulai dari motif batik golok, motif batik jawara hingga motif batik surosowan. “Dari 75 ragam motif Batik Banten, bisa menjadi ribuan motif dan variasi. Jika penasaran, bisa datang ke Griya Batik Banten di Jalan Bayangkara depan SDN 04 Kubil Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Di Griya Batik Banten, selain terdapat beragam kain batik, juga bisa belajar membatik bagi anak tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa, dengan kurikulum yang sudah ada,” ungkapnya. (basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook