Sewa RTK Terancam Terputus

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 04 September 2018 - 16:17:24 WIB   |  dibaca: 211 kali
Sewa RTK Terancam Terputus

TERANCAM TERPUTUS : Petugas RTK foto bersama dengan pegawai Dinkes Kabupaten Serang di halaman RTK Carenang, belum lama ini.

SERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mengusulkan tambahan anggaran untuk memperpanjang sewa tempat ruang tunggu kelahiran (RTK) pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun anggaran 2018. Namun demikian, usulan tersebut belum mendapatkan kepastian karena anggaran perubahan masih dalam pembahasan antara DPRD dan Pemkab Serang.


Kepala Dinkes Kabupaten Serang Sri Nurhayati mengatakan, diusulkannya anggaran untuk sewa tempat RTK tersebut karena sewa RTK habis September bulan ini. “Anggarannya belum ada, sudah kita ajukan, tapi kan ini masih pembahasan, enggak tahu kalau di dalam pemabahasan nanti ada dikasih. Untuk kontraknya per tahun, kalau tiga bulan mungkin yang punya rumah enggak mau,” kata Sri, Senin (3/9).


Ia mengungkapkan, biaya sewa tempat RTK tersebut bervariasi, namun jika dirata-ratakan mencapai Rp50 juta untuk satu rumah per tahunnya. “Lumayan banyak butuhnya. Rp50 juta itu sudah all in. Artinya sudah dengan pemeliharaan, dengan alat habis pakai, dengan yang menjaga kebersihan dan keamanan, termasuk rehab kecil-kecilan, dan kebutuhan lainnya. Jumlah RTK kita ada 17 unit,” ujarnya.


Sri menuturkan, anggaran untuk sewa tempat RTK selama ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK), namun pada tahun ini anggaran tersebut menurun drastis, sehingga biaya sewa tempat RTK tidak bisa diperpanjang. “Kalau enggak dapat anggarannya, kalau yang sudah familiar dengan RTK mungkin sementara kita tempatkan di puskesmas dulu. Itu pun kalau puskesmasnya memungkinkan ruangannya,” paparnya.


Keberadaan RTK diakui Sri cukup efektif untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Serang. Selain itu, masyarakat sudah mulai memanfaatkan RTK tersebut. “Tujuannya kan untuk mendekatkan akses, ketika membutuhkan pelayanan mau melahirkan tidak ada kendala lagi, baik dengan transportasi, biaya kalau yang mau melahirkan sudah ada di RTK,” tuturnya.


Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Heri Azhari mengatakan, pihaknya akan mendorong agar usulan anggaran untuk sewa tempat RTK tersebut disetujui. “Kalau dinilai efektif kita dukung dan kita dorong penganggarannya. Apalagi kalau menurut dinas terkait keberadaan RTK tersebut dapat menekan AKI/AKB dan programnya sangat bermanfaat untuk masyarakat,” kata politisi PPP itu. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook